PERAN GURU PAI TERHADAP PEMBINAAN AKHLAKUL KARIMAH SISWA KELAS VII PADA MASA PANDEMI CORONA DI SMPN 3 SEKINCAU KABUPATEN LAMPUNG BARAT

Dwi Lestari, NIM.: 18104010014 (2022) PERAN GURU PAI TERHADAP PEMBINAAN AKHLAKUL KARIMAH SISWA KELAS VII PADA MASA PANDEMI CORONA DI SMPN 3 SEKINCAU KABUPATEN LAMPUNG BARAT. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN GURU PAI TERHADAP PEMBINAAN AKHLAKUL KARIMAH SISWA KELAS VII PADA MASA PANDEMI CORONA DI SMPN 3 SEKINCAU KABUPATEN LAMPUNG BARAT)
18104010014_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PERAN GURU PAI TERHADAP PEMBINAAN AKHLAKUL KARIMAH SISWA KELAS VII PADA MASA PANDEMI CORONA DI SMPN 3 SEKINCAU KABUPATEN LAMPUNG BARAT)
18104010014_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah, peran guru sangatlah dibutuhkan untuk mencetak generasi yang berakhlak mulia, khususnya bagi guru Pendidikan Agama Islam. Karena, guru PAI tidak hanya mengajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam saja, tetapi juga memberikan contoh yang baik dan menanamkan moralitas kebaikan kepada murid-muridnya, apalagi di masa pandemi corona seperti sekarang ini, siswa benar-benar harus mendapatkan pembinaan akhlakul karimah agar siswa menerapkanya. Oleh karena itu peran seorang guru PAI dalam proses pembelajaran terhadap pembinaan akhlakul karimah di masa pandemi ini sangatlah diperlukan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Adapun pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan langkah utama dalam penelitian, yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran guru PAI dalam pembinaan akhlakul karimah siswa di masa pandemi. Guru PAI tetap melaksanakan tugasnya dalam mengajar dan mendidik anak meskipun tanpa harus bertatap muka langsung dengan peserta didik. Dalam penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) dalam peran guru dalam pembinaan akhlakul karimah dalam proses pendidikan memakai ranah pengetahuan (kognitif) dan ranah sikap (afektif). Dalam proses mengajar secara online dengan memakai aplikasi WhatsApp dengan selalu memakai etika yang baik. Dalam proses membimbing siswa selalu diberikan nasehat-nasehat dalam pendekatan personal agar siswa nyaman sehingga bisa dibimbing dengan baik. Dalam proses mengarahkan guru PAI selalu memberi arahan agar siswa memegang sikap yang baik dalam kehidupan sehari-hari, dan jangan sampai salah pergaulan. Dalam proses melatih guru PAI selalu membiasakan siswa untuk rajin beribadah, rajin belajar dan membantu orang tua. Kemudian dalam menilai guru memberikan tugas latihan soal atau praktek ibadah dan memperhatikan sikap mereka ketika mengumpulkan tugas di sekolah, dan dalam mengevaluasi gurupun selalu memberikan bimbingan dan mengevaluasi sehingga peserta didik dikatakan berhasil dalam berakhlakul karimah yang baik. 2) dalam faktor-faktor pendukung dalam pembelajaran terhadap pembinaan akhlakul karimah di masa pandemi yang dilaksanakan di SMPN 3 Sekincau yaitu: alat pendukung pembelajaran handphone, mengunakan media aplikasi WhatsApp, pengawasan dari orang tua, dan mendapat kuota internet gratis. Kemudian dalam faktor-faktor penghambatnya yaitu: terkendala jaringan internet, semangat siswa berkurang, dan terbatas fasilitas kuota internet.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Akhmad Sholeh, S. Ag, M.si.
Uncontrolled Keywords: peran guru; akhlakul karimah; pandemi; peserta didik
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren > Kyai - Ustadz - Guru
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 27 Apr 2022 14:43
Last Modified: 27 Apr 2022 14:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50868

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum