KREATIVITAS PEMBINA DALAM MEMPERTAHANKAN KEDISIPLINAN SANTRI MANPK MAN 1 YOGYAKARTA DI MASA PANDEMI COVID-19

Hasman Zhafiri Muhammad, NIM.: 16410036 (2022) KREATIVITAS PEMBINA DALAM MEMPERTAHANKAN KEDISIPLINAN SANTRI MANPK MAN 1 YOGYAKARTA DI MASA PANDEMI COVID-19. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KREATIVITAS PEMBINA DALAM MEMPERTAHANKAN KEDISIPLINAN SANTRI MANPK MAN 1 YOGYAKARTA DI MASA PANDEMI COVID-19)
16410036_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KREATIVITAS PEMBINA DALAM MEMPERTAHANKAN KEDISIPLINAN SANTRI MANPK MAN 1 YOGYAKARTA DI MASA PANDEMI COVID-19)
16410036_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kehidupan manusia tidak lepas dengan adanya sebuah tatanan kehidupan. Tatanan kehidupan menjadikan manusia lebih terarah dan tertata sesuai dengan kedisiplinan yang diterapkan. Dengan demikian, manusia dituntut untuk mematuhi aturan atau bisa dikatakan hidup disiplin sesuai dengan nilai nilai atau norma yang berlaku dalam kehidupannya. Kedisiplinan yang ada pada santri MANPK Yogyakarta, sudah tertata dan terlaksana dengan baik. Adanya keterlaksanaan yang baik tidak lepas dari peran kreatifitas seorang pembina dalam mendampingi dan mengawal kedisiplinan santri. Adanya latar belakang tersebut, peneliti mengangkat judul Kreativitas Pembina Dalam Pembentukan Kedisiplinan Santri Di MANPK Yogyakarta Di Masa Pandemi Covid-19. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan mendiskripsikan bentuk kreativitas pembina dalam membentuk kedisiplinan santri di MANPK MAN 1 Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Jenis penelitian kualitatif, yaitu penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan secara utuh mendalam tentang realitas sosial dan berbagai fenomena yang terjadi sehingga nampak ciri, karakter, sifat, dan model dari fenomena tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, kedisiplinan yang ada pada diri santri MANPK Yogyakarta sudah bagus, meskipun ada beberapa santri yang belum melaksanakan tata tertib secara baik. Kedua kreativitas yang ada pada diri pembina dalam membentuk kedisiplinan santri di antaranya dengan cara pembuatan tata tertib bersama antara santri dengan pembina (pemangku kebijakan MANPK), cara kedua yaitu kontroling yang dilakukan pembina bersama orang tua untuk mendampingi kedisiplinan santri, cara yang ketiga dengan keteladanan, dimana keteladan dapat memberikan contoh bagi kedisiplinan santri, cara keempat dengan pendekatan personal, dimana untuk mendisiplinkan santri perlu adanya komunikasi pribadi antar pembina dan santri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Eva Latipah, S.Ag., S.Psi., M.Si
Uncontrolled Keywords: Kreatifitas Pembina, Kedisiplinan, Santri.
Subjects: Covid-19
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren > Santri
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 28 Apr 2022 09:39
Last Modified: 28 Apr 2022 09:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50876

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum