INTEGRASI PENDIDIKAN PESANTREN DENGAN PENDIDIKAN SEKOLAH STUDI PADA SMP DAN PESANTREN BUMI CENDEKIA YOGYAKARTA

Muhammad Ifan Nur Afuddin, NIM.: 16490036 (2022) INTEGRASI PENDIDIKAN PESANTREN DENGAN PENDIDIKAN SEKOLAH STUDI PADA SMP DAN PESANTREN BUMI CENDEKIA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (INTEGRASI PENDIDIKAN PESANTREN DENGAN PENDIDIKAN SEKOLAH STUDI PADA SMP DAN PESANTREN BUMI CENDEKIA YOGYAKARTA)
16490036_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (INTEGRASI PENDIDIKAN PESANTREN DENGAN PENDIDIKAN SEKOLAH STUDI PADA SMP DAN PESANTREN BUMI CENDEKIA YOGYAKARTA)
16490036_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini bermula dari ketertarikan peneliti terhadap model pendidikan yang menggabungkan antara pendidikan pesantren dengan pendidikan sekolah. Dalam hal ini pesantren yang dikenal dengan model pendidikan tradisional dihadapkan dengan tantangan dan tuntutan zaman untuk memasukkan atau mengintegrasikan dengan model pendidikan sekolah. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui sistem integrasi pendidikan pesantren dengan pendidikan sekolah di SMP dan Pesantren Yogyakarta. Penelitian ini terkait dengan integrasi pendidikan pesantren dengan pendidikan sekolah, penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kualitatif yang dilaksanakan di SMP dan Pesantren Bumi Cendekia Yogyakarta. Subyek dari penelitian ini adalah ketua yayasan SMP dan Pesantren Bumi Cendekia Yogyakarta, kepala sekolah dan tenaga pendidik serta pengurus asrama pesantren. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Teknik analisa data dilakukan dengan transcript, coding, grouping serta comparing dan constrating. Hasil penelitian menunjukkan (1) pola sistem integrasi pendidikan pesantren dengan pendidikan sekolah di SMP dan pesantren Bumi Cendekia Yogyakarta terbagi menjadi tiga yakni Konsep Visi dan Misi yang terintegrasi serta 3 Pilar Keunggulan dan 9 Nilai Bumi Cendekia Yang Terintegrasi antara pendidikan pesantren dengan pendidikan sekolah, integrasi kelembagaan, integrasi kurikulum dan pembelajaran. (2) Perencanaan Sistem Integrasi kurikulum bersifat partisipatif yakni melibatkan seluruh pihak steak holder dan yang dilakukan dengan adanya workshop kurikulum dan juga adanya rapat kerja yang diadakan pada awal tahun pelajaran dengan melibatkan guru di setiap mata pelajaran, serta adanya pembagian berdasarkan empat klaster yakni pesamtren (bayani) matematika, bahasa inggris dan pendidikan karakter (3) Pelaksanaan Sistem integrasi terbagi menjadi tiga yakni meliputi materi dan alokasi waktu, pembelajaran, kegiatan diluar jam pembelajaran. (4) Evaluasi sistem integrasi dilakukan dengan adanya supervisi secara berkala, rapat bulanan, evaluasi tengah semester.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Wiji Hidayati. M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pola Integrasi, Kurikulum Integrasi, Manajemen Integrasi
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 28 Apr 2022 10:01
Last Modified: 28 Apr 2022 10:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50879

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum