IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KABUPATEN BANTUL NOMOR 2 TAHUN 2019 TENTANG PENGELOLAAN SAMPAH RUMAH TANGGA DAN SAMPAH SEJENIS SAMPAH RUMAH TANGGA (STUDI KASUS DI DESA BABADAN KABUPATEN BANTUL)

Muhammad Syarif, NIM. 15370068 (2022) IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KABUPATEN BANTUL NOMOR 2 TAHUN 2019 TENTANG PENGELOLAAN SAMPAH RUMAH TANGGA DAN SAMPAH SEJENIS SAMPAH RUMAH TANGGA (STUDI KASUS DI DESA BABADAN KABUPATEN BANTUL). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KABUPATEN BANTUL NOMOR 2 TAHUN 2019 TENTANG PENGELOLAAN SAMPAH RUMAH TANGGA DAN SAMPAH SEJENIS SAMPAH RUMAH TANGGA (STUDI KASUS DI DESA BABADAN KABUPATEN BANTUL))
15370068_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KABUPATEN BANTUL NOMOR 2 TAHUN 2019 TENTANG PENGELOLAAN SAMPAH RUMAH TANGGA DAN SAMPAH SEJENIS SAMPAH RUMAH TANGGA (STUDI KASUS DI DESA BABADAN KABUPATEN BANTUL))
15370068_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Dalam Peraturan Daerah Kabupaten Bantul Nomor 2 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sejenis Sampah Rumah Tangga dijelaskan bahwa dalam pasal 18 ayat 5 hurup e PJPS memiliki jadwal pengumpulan dan pengangkutan, Pasal 45 berbunyi: (1) Produsen berhak: a. mengelola sampah secara mandiri; dan b. mendapatkan pembinaan dari Pemerintah Daerah, pasal 46 PJPS berhak: a. mendapatkan izin dari Pemerintah Daerah apabila memenuhi persyaratan; b. mendapatkan pembinaan dari Pemerintah Daerah; dan c. memungut biaya jasa pelayanan sampah kepada pelanggan. Peraturan Daerah Kabupaten Bantul Nomor 2 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sejenis Sampah Rumah Tangga menjadi rujukan bagaimakah implementasinya di Desa Babadan, Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Di dalam peraturan tersebut belum tegas diatur batas maksimal pembuangan sampah perorang dalam sehari, pengambilan sampah perhari, dan bagaimana pembinaan PJPS. yang mengakibatkan penumpukkan sampah lebih banyak di Desa Babadan. Bedasarkan latar belakang masalah yang telah diuraikan, maka skripsi ini dapat dirumuskan masalah sebagai berikut: pertama Bagaimanakah implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Bantul Nomor 2 Tahun 2019 di Desa Babadan kecamatan Banguntapan Kabupaten Bantul?, kedua Bagaimanakah implementasi peraturan Daerah Kabupaten Bantul Nomor 2 tahun 2019 di Desa Babadan, Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul dengan prospektif maslahah mursalah?. Ada beberapa teori yang dipakai dalam penulisan skripsi ini yaitu: Peraturan Daerah, Hukum Lingkungan, Teori Friedman, dan Teori Maslahah Mursalah yang akan dijabarkan dalam penulisan skripsi ini. Kesimpulan akhir dari penulisan Skripsi ini dari prospektif Hukum Lingkungan Dan Maslahah Mursalah adalah rumitnya masalah yang ada di lapangan dikarenakan TPA Piyungan Kabupaten Bantul sering mengalami Overload. Saat ini TPA Piyungan sebagian akan dijadikan tempat wisata dan itu menjadi faktor panjangnya antrian pengangkutan sampah oleh pihak PJPS yang mengakibatkan jadwal pembuangan sampah tidak berjalan sebagaimana mestinya dan sampah di Desa akhirnya tidak diangkut kembali dalam waktu singkat ditambah dengan hujan diawal bulan januari terus turun mengakibatkan sampah berdampak sangat buruk untuk lingkungan sekitar. Yaitu, bau tak sedap, suasana Desa menjadi kumuh, polusi udara, dan menjadi sarang berbagai macam penyakit yang membuat tidak Menjadikan kemaslahatan untuk Masyarakat Desa Babadan. Dalam teori Lawrence W. Friedman dalam struktural hukum (structure of law) Peraturan ini memiliki masalah dalam Struktural hukum yang akhirnya tidak ada manajemen PJPS dari pemerintah sebab tidak ditulis tegas bahwa siapa yang membina PJPS tersebut. Yang dituliskan hanya sebatas formalitas sedangkan prakteknya tetap yang memutuskan PJPS itu dari pihak Provinsi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Ocktoberrinsyah, M.AG.
Uncontrolled Keywords: Implementasi Peraturan Daerah, pengelolaan sampah, Hukum Lingkunga, Teori Friedman, Maslalah Mursalah.
Subjects: Hukum Tata Negara
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara (S-1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 28 Apr 2022 10:45
Last Modified: 28 Apr 2022 10:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50883

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum