PERAN GURU PAI & BP DAN ORANG TUA DALAM PEMBINAAN AKHLAK SISWA KELAS VIII SMPN 1 NGRAYUN PONOROGO DI MASA PANDEMI COVID-19

Bella Ayu Nurhalizah, NIM.: 17104010090 (2022) PERAN GURU PAI & BP DAN ORANG TUA DALAM PEMBINAAN AKHLAK SISWA KELAS VIII SMPN 1 NGRAYUN PONOROGO DI MASA PANDEMI COVID-19. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN GURU PAI & BP DAN ORANG TUA DALAM PEMBINAAN AKHLAK SISWA KELAS VIII SMPN 1 NGRAYUN PONOROGO DI MASA PANDEMI COVID-19)
17104010090_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PERAN GURU PAI & BP DAN ORANG TUA DALAM PEMBINAAN AKHLAK SISWA KELAS VIII SMPN 1 NGRAYUN PONOROGO DI MASA PANDEMI COVID-19)
17104010090_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini yaitu akhlak memiliki pengaruh yang besar terhadap individu manusia. Pendidikan akhlak memiliki tujuan agar anak dapat bersikap serta berperilaku dengan baik sesuai dengan ajaran Agama Islam dan norma-norma sosial di masyarakat. Persoalan pandemi Covid-19 membuat segala aktivitas harus dilakukan dari rumah, termasuk sekolah. Seluruh siswa harus belajar dari rumah karena pembelajaran tatap muka ditiadakan untuk mencegah penyebaran Covid-19. Adanya pembelajaran daring masih banyak menimbulkan kendala dan berakibat pula pada pembinaan akhlak siswa. Maka dari itu, perlu diteliti tentang peran guru PAI & BP dan orang tua dalam pembinaan akhlak siswa di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Lokasi penelitian di SMPN 1 Ngrayun Kabupaten Ponorogo dengan guru PAI & BP, orang tua dan siswa kelas VIII sebagai subyek penelitian. Adapun pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Proses analisis data yaitu dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dengan metode triangulasi dan bahan referensi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru PAI & BP dan orang tua memiliki peran yang sangat signifikan dalam membina akhlak siswa di masa pandemi covid-19. Pembinaan akhlak yang dilakukan oleh guru PAI & BP dan orang tua mampu membuat akhlak siswa menjadi lebih baik dan telah menerapkan sesuai yang diajarkan oleh orang tua dan guru PAI & BP. Faktor yang mendukung pembinaan akhlak yaitu pola komunikasi yang berjalan dengan baik, dukungan dari seluruh elemen, dan rasa hormat siswa kepada guru PAI & BP dan orang tua. Sedangkan faktor penghambatnya adalah alokasi waktu pembelajaran yang minim, kendala teknis, serta watak negatif siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Nur Munajat, M.Si
Uncontrolled Keywords: Peran guru PAI & BP, Pembinaan Akhlak, Pandemi Covid-19
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Akhlak - Etika
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren > Kyai - Ustadz - Guru
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 28 Apr 2022 10:45
Last Modified: 28 Apr 2022 10:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50888

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum