STRATEGI PEMASARAN PADA SEKOLAH DASAR NEGERI NGEMPLAK KLATEN

Gunawan, NIM.: 17104090019 (2022) STRATEGI PEMASARAN PADA SEKOLAH DASAR NEGERI NGEMPLAK KLATEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PEMASARAN PADA SEKOLAH DASAR NEGERI NGEMPLAK KLATEN)
17104090019_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PEMASARAN PADA SEKOLAH DASAR NEGERI NGEMPLAK KLATEN)
17104090019_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini berawal banyaknya penelitian yang hanya mengungkapkan proses strategi pemasaran dan persaingan promosi saja. Namun arah untuk keluar dari persaingan dalam pemasaran justru dilupakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran yang dilakukan SDN Ngemplak Klaten dengan menggunakan perspektif Blue Ocean Strategy. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik purposive sampling dan snowball sampling sebagai teknik dalam proses pengambilan sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya dalam proses analisis data, peneliti menggunakan tahap transcript, coding, grouping, comparing and contrasting. Teknik keabsahan data yang peneliti gunakan yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bssahwa: (1) Konsep strategi yang digunakan SDN Ngemplak Klaten dengan memanfaatkan masyarakat, playgrup dan TK sekitar SDN Ngemplak Klaten menjadi partner untuk calon murid baru merupakan inovasi nilai (Value Innovation) yang dimunculkan oleh SDN Ngemplak Klaten. Kerangka kerja yang telah di lakukan dengan melakukan reduce (penghapusan), raise (peningkatan), eliminate (pengurangan) dan create (penciptaan). (2) Hambatan kognitif muncul dengan mempertahankan apa dianggap sudah cukup baik. Hambatan sumber daya manusia yang mana di SDN Ngemplak Klaten tidak adanya guru olahraga. Rintangan ini tidak menjadi rintangan yang terlalu berpengaruh bagi SDN Ngemplak Klaten. Hambatan manajerial ini membuat SDN Ngemplak Klaten mulai banyaknya bermunculan sekolah-sekolah di Klaten yang memberikan penawaran menarik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Muhammad Qowim, S.Ag. , M.Ag
Uncontrolled Keywords: Inovasi Nilai, Kanvas Strategi, Skema Kerja Empat Langkah
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Pendidikan > Pemasaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 28 Apr 2022 11:05
Last Modified: 28 Apr 2022 11:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50893

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum