PENGEMBANGAN GAME EDUKASI DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI SEGIEMPAT KELAS VII

Nur Sakiinatullaila, NIM.: 17106000035 (2022) PENGEMBANGAN GAME EDUKASI DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI SEGIEMPAT KELAS VII. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN GAME EDUKASI DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI SEGIEMPAT KELAS VII)
17106000035_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN GAME EDUKASI DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI SEGIEMPAT KELAS VII)
17106000035_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pemahaman konsep merupakan salah satu kemampuan dasar yang harus dikuasai oleh siswa. Hal ini dikarenakan terdapat konsep-konsep dalam matematika yang bersifat hierarkis yang membutuhkan pemahaman pada konsep sebelumnya, memudahkan memecahkan masalah, dan mempengaruhi prestasi belajar siswa yang dapat dilihat dari daya serap siswa. Namun, berdasarkan nilai UN siswa pada tahun 2018 dan 2019, daya serap pada materi segiempat masih tergolong rendah. Salah satu upaya untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menggunakan media pembelajaran berupa game edukasi dengan pendekatan contextual teaching and learning (CTL). Game edukasi dapat membuat pembelajaran lebih menarik, sehingga meningkatkan aktivitas dan motivasi belajar siswa. Ditambah lagi, melalui pendekatan CTL keterhubungan antara materi yang dipelajari dengan dunia nyata tercipta yang akan mempengaruhi kemampuan pemahaman konsep siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yang bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kualitas game edukasi berbasis android dengan menggunakan pendekatan CTL untuk memfasilitasi pemahaman konsep siswa pada materi segiempat. Pengembangan game edukasi ini menggunakan model PPE (Planning, Production, and Evaluation). Kriteria kualitas game edukasi dilakukan melalui penilaian para ahli yang terdiri dari tiga ahli materi dan media. Berdasarkan penilaian yang dilakukan oleh para ahli, diperoleh rata-rata skor aktual dari ahli materi 79,67 yang masuk dalam kriteria sangat baik. Sedangkan rata-rata skor aktual dari ahli media 71,67 yang juga masuk dalam kriteria sangat baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Nurul Arfinanti, S.Pd.Si., M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Game Edukasi, Contextual Teaching And Learning (CTL), Segiempat, Pemahaman Konsep
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 28 Apr 2022 11:12
Last Modified: 28 Apr 2022 11:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50895

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum