BIMBINGAN KEAGAMAAN UNTUK MENINGKATKAN RELIGIUSITAS LANSIA DI RUMAH PERLINDUNGAN SOSIAL BERBASIS MASYARAKAT KOTA PEKALONGAN JAWA TENGAH

Nur Ati Qotullutfiyah, NIM: 15220064 (2022) BIMBINGAN KEAGAMAAN UNTUK MENINGKATKAN RELIGIUSITAS LANSIA DI RUMAH PERLINDUNGAN SOSIAL BERBASIS MASYARAKAT KOTA PEKALONGAN JAWA TENGAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (BIMBINGAN KEAGAMAAN UNTUK MENINGKATKAN RELIGIUSITAS LANSIA DI RUMAH PERLINDUNGAN SOSIAL BERBASIS MASYARAKAT KOTA PEKALONGAN JAWA TENGAH)
15220064_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BIMBINGAN KEAGAMAAN UNTUK MENINGKATKAN RELIGIUSITAS LANSIA DI RUMAH PERLINDUNGAN SOSIAL BERBASIS MASYARAKAT KOTA PEKALONGAN JAWA TENGAH)
15220064_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi para lansia di Rumah Perlindungan Sosial Berbasis Masyarakat (RPSBM) Kota Pekalongan Jawa Tengah dengan pengetahuan agama yang kurang sehingga menyebabkan rendahnya tingkat religiusitas mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana tahap-tahap pelaksanaan bimbingan keagamaan untuk meningkatkan religiusitas lansia di RPSBM Kota Pekalongan Jawa Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar di Rumah Perlindungan Sosial Berbasis Masyarakat Kota Pekalongan. Subjek dalam penelitian ini adalah Pembimbing Agama, Petugas Pelayanan, Psikolog, dan 4 orang lansia di RPSBM. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi mengenai tahap pelaksanaan bimbingan keagamaan bagi lansia di RPSBM Kota Pekalongan Jawa Tengah. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tahap-tahap pelaksanaan bimbingan keagamaan terdiri dari tiga tahap yaitu (1) Meyakinkan individu tentang hal-hal tertentu sesuai kebutuhan; (2) Mendorong dan membantu individu memahami dan mengamalkan ajaran agama; (3) Mendorong dan membantu individu memahami dan mengamalkan iman, islam dan ihsan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan bimbingan keagamaan yang telah dilaksanakan dapat meningkatkan religiusitas lansia di Rumah Perlindungan Sosial Berbasis Masyarakat Kota Pekalongan Jawa Tengah dilihat dari adanya kesadaran tentang tanggung jawab sebagai manusia beragama yang ditunjukkan melalui meningkatnya intensitas ibadah para lansia serta tumbuhnya sikap tawakal dan keyakinan pada Allah SWT.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Abdullah, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Keagamaan, Religiusitas, Lansia.
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 28 Apr 2022 10:32
Last Modified: 28 Apr 2022 10:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50897

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum