PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS POP UP BOOK PADA SUB MATERI BENTUK MOLEKUL KIMIA KELAS X SMA/MA

Ari Setya Kusuma Ningrum, NIM.: 17106070047 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS POP UP BOOK PADA SUB MATERI BENTUK MOLEKUL KIMIA KELAS X SMA/MA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS POP UP BOOK PADA SUB MATERI BENTUK MOLEKUL KIMIA KELAS X SMA/MA)
17106070047_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS POP UP BOOK PADA SUB MATERI BENTUK MOLEKUL KIMIA KELAS X SMA/MA)
17106070047_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Kimia merupakan salah satu mata pelajaran dengan konsep materi yang asbtrak sehingga siswa kesulitan untuk memahami. Penyampaian materi dengan metode ceramah dan tidak menggunakan media yang dapat menggambarkan materi dengan baik cenderung menyebabkan siswa jenuh dengan pembelajaran tersebut. Perlu adanya sebuah media pembelajaran yang dapat membantu siswa untuk memahami materi kimia yang asbtrak khususnya adalah materi bentuk molekul kimia sehingga siswa mendapatkan penggambaran secara kongkret perihal bentuk molekul kimia. Penelitian ini bertujuan unutk mengembangkan media pembelajaran kimia berbasis pop up book pada sub materi bentuk molekul kimia. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model 4D (four-D model). Tahapan model 4D meliputi Define, Design, Develop, dan Disseminate. Namun penelitian ini hanya dibatasi pada tahap Develop. Produk yang dikembangkan ditinjau oleh dosen pembimbing, kemudian produk divalidasi oleh satu dosen ahli materi dan satu dosen ahli media, serta mendapatkan saran dan masukan dari tiga peer reviewer, kemudian produk dinilai oleh empat guru kimia SMA/MA dan mendapatkan respon dari sepuluh siswa. Hasil validasi dari dosen ahli materi menunjukkan bahwa kualitas media yang dikembangkan termasuk dalam kategori Sangat Baik (SB) dengan presentase 92%, sedangkan validasi dari dosen ahli materi mendapatkan kategori Sangat Baik (SB) dengan presentase 94%. Penilaian dari guru SMA/MA mendapatkan kategori Sangat Baik (SB) dengan presentase 92,5% dan direson positif oleh siswa dengan prsentase 94%. Oleh karena itu media pembelajaran kimia berbasis pop up book ini dapat dikatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran kimia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Retno Aliyatul Fikroh, S.Pd.Si., M.Sc
Uncontrolled Keywords: Research and Development(R&D), Media Pembelajaran, Pop Up Book, Bentuk Molekul Kimia
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 28 Apr 2022 11:17
Last Modified: 28 Apr 2022 11:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50898

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum