DUKUNGAN KELUARGA PECANDU NARKOBA DALAM PROSES MENJALANI REHABILITASI DI PANTI REHABILITASI JOGJA CARE HOUSE

Muhammad Handi Ananta, NIM: 16220098 (2022) DUKUNGAN KELUARGA PECANDU NARKOBA DALAM PROSES MENJALANI REHABILITASI DI PANTI REHABILITASI JOGJA CARE HOUSE. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DUKUNGAN KELUARGA PECANDU NARKOBA DALAM PROSES MENJALANI REHABILITASI DI PANTI REHABILITASI JOGJA CARE HOUSE)
16220098_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (DUKUNGAN KELUARGA PECANDU NARKOBA DALAM PROSES MENJALANI REHABILITASI DI PANTI REHABILITASI JOGJA CARE HOUSE)
16220098_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang judul ini adalah karena bahwa rehabilitasi sosial bagi pecandu narkoba diperlukan konseling individu dan konseling atau bimbingan kelompok. Penanganan bagi pecandu narkoba juga membutuhkan intervensi dari pihak keluarga melalui konseling keluarga. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui dan memahami lebih mendalam bagaimana bentuk dukungan keluarga dan manfaat dukungan keluarga bagi pecandu narkoba dalam proses menjalani rehabilitasi di Panti Rehabilitasi Jogja Care House. Jenis penelitian menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan subjek penelitian yaitu 2 residen mantan penyalahguna NAPZA dan sedang menjalani program rehabilitasi, dan 1 konselor senior dan 2 residen yang mempunyai latar belakan keluarga yang berbeda. Objek penelitian yaitu bentuk dukungan keluarga pecandu narkoba dalam proses menjalani rehabilitasi di panti rehabilitasi Jogja Care House. Alat pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif Hasil penelitian menunjukkan bahwa dukungan keluarga pada pecandu narkoba dalam proses menjalani rehabilitasi sangat bermanfaat untuk proses pemulihan residen dalam mengawal proses rehabilitasi sampai pada pasca rehablitasi sangat bermanfaat terutama dukungan moril dan materil dengan adanya dukungan moril dan materil pecandu dapat mengurangi pikiran-pikiran negative sehingga dapat mempercepat kesembuhan pecandu saat menjalani rehabilitasi agar resident dapat merubah perilakunya. Bahwa setelah menjalani proses rehabilitasi dukungan keluarga sangat diperlukan karena keluarga merupakan tempat pertama yang akan dituju oleh mantan pecandu dalam menjalani kehidupan sehari-hari dan keluarga yang akan melanjutkan mengawasi recovery mantan pecandu tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Slamet, S.Ag, M.Si
Uncontrolled Keywords: Dukungan Keluarga, Mantan Penyalahgunaan Narkoba
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 28 Apr 2022 11:08
Last Modified: 28 Apr 2022 11:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50907

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum