PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS MODEL TREFFINGER DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI BARISAN DAN DERET ARITMETIKA

Reny Jamaliyah, NIM.: 18106000012 (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS MODEL TREFFINGER DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI BARISAN DAN DERET ARITMETIKA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS MODEL TREFFINGER DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI BARISAN DAN DERET ARITMETIKA)
18106000012_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS MODEL TREFFINGER DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI BARISAN DAN DERET ARITMETIKA)
18106000012_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menghasilkan LKPD berbasis model Treffinger dengan pendekatan Saintifik untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah pada materi barisan dan deret aritmetika yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Penelitian pengembangan ini menggunakan model prosedural dengan prosedur ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Instrumen penelitian yang digunakan meliputi lembar pedoman wawancara, lembar penilaian kualitas LKPD, lembar skala respon peserta didik, dan lembar soal posttest. Subjek penelitiannya yaitu validator ahli dan peserta didik sebagai subjek uji coba skala kecil dan subjek uji coba skala besar. Adapun teknik pemilihan sampel uji coba lapangan skala kecil dan uji coba lapangan skala besar yaitu menggunakan purposive sampling yang dikelompokkan berdasarkan kemampuan peserta didik yang heterogen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa LKPD ini memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Valid berdasarkan penilaian para ahli yang menunjukkan bahwa LKPD ini termasuk dalam kategori sangat baik dengan jumlah skor rata-rata 180, 67 dan presentase keidealan sebesar 94,10%. Praktis berdasarkan hasil skala respon peserta didik terhadap LKPD yang menunjukkan respon positif dengan jumlah skor rata-rata 63,13 dengan presentase keidealan sebesar 78,91%. Efektif berdasarkan hasil posttest kemampuan pemecahan masalah, bahwa banyaknya peserta didik yang mengikuti posttest kemampuan pemecahan masalah memperoleh nilai yang lebih besar atau sama dengan Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) dengan presentase ketuntasan yaitu sebesar 87%. Maka dari itu, LKPD ini layak digunakan dalam pembelajaran kelas XI SMA/Sederajat pada materi barisan dan deret aritmetika untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Nurul Arfinanti, S.Pd., Si., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Treffinger, Saintifik, Kemampuan Pemecahan Masalah
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 10 May 2022 10:48
Last Modified: 10 May 2022 10:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50923

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum