Indah Farhani, NIM.: 18104010020 (2022) KORELASI KEGIATAN PEMBINAAN MUSABAQAH TILAWATIL QUR’AN (MTQ) DENGAN HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADITS SISWA/I KONTINGEN MTQ MAN 1 SUMBAWA BARAT. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (KORELASI KEGIATAN PEMBINAAN MUSABAQAH TILAWATIL QUR’AN (MTQ) DENGAN HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADITS SISWA/I KONTINGEN MTQ MAN 1 SUMBAWA BARAT)
18104010020_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (4MB) | Preview |
|
|
Text (KORELASI KEGIATAN PEMBINAAN MUSABAQAH TILAWATIL QUR’AN (MTQ) DENGAN HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADITS SISWA/I KONTINGEN MTQ MAN 1 SUMBAWA BARAT)
18104010020_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Rendahnya nilai/hasil belajar Al-Qur’an Hadits siswa/i berlatar belakang SMP amat sangat disayangkan jika dibandingkan dengan siswa/i berlatar belakang MTs atau pesantren di MAN 1 Sumbawa Barat. Dari total 37 siswa yang menjadi responden, didapatkan 2 siswa memperoleh nilai standar 75 dengan 9 siswa lainnya yang memperoleh nilai tidak jauh dari angka tersebut. Sedangkan 26 siswa lainnya telah mencapai nilai yang jauh diatas rata-rata, mulai dari 85 hingga 98. Dari masalah tersebut kemudian dirumuskan 3 rumusan masalah yaitu: 1) seberapa tinggi variabel Y, 2) seberapa tinggi pengaruh variabel X terhadap variabel Y, 3) adakah hubungan antara kegiatan pembinaan MTQ dengan hasil belajar Al-Qur’an Hadits siswa/i kontingen MTQ MAN 1 Sumbawa Barat. Penelitian ini secara khusus bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang positif antara kegiatan pembinaan MTQ dengan hasil belajar Al-Qur’an Hadits siswa/i kontingen MTQ di MAN 1 Sumbawa Barat. Populasi yang ditarik dari penelitian ini berjumlah 45 populasi dengan ukuran sampel sebesar 42 yang dipilih melalui teknik simple random sampling dengan ketentuan ukuran menggunakan taraf kesalahan 5%. Data-data dalam penelitian ini dikumpulkan peneliti dengan teknik wawancara, angket, dan dokumen. Adapun analisis instrumen menggunakan teknik validitas dan reliabilitas dengan hasil keduanya yang dinyatakan valid (rhitung > rtabel 0.325) dan reliabel (0.999 > 0.325). Sedangkan analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji prasyarat analisis, uji korelasi bivariat, dan uji regresi linier sederhana. Uji prasyarat analisis memberikan hasil bahwa: 1) variabel dinyatakan normal dengan nilai signifikansi > 0.05, 2) variabel dinyatakan linier dengan nilai signifikansi > 0.05, 3) variabel dinyatakan homogen dengan nilai signifikansi > 0.05. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Hasil belajar Al-Qur’an Hadits siswa pada sebelum mengikuti pembinaan rata-rata tergolong cukup baik. Namun dari 37 siswa, terdapat 11 siswa yang memperoleh nilai dibawah 80 dengan 2 siswa memperoleh nilai 75. Adapun 26 siswa lainnya memperoleh nilai jauh diatas rata- rata dengan nilai tertinggi 98, 2) Kegiatan pembinaan MTQ memberikan pengaruh yang cukup signifikan terhadap hasil belajar Al-Qur’an Hadits dengan presentase sebesar 59.4%. Besaran pengaruh ini terlihat dari hasil uji regresi yang menunjukkan nilai R Square sebesar 0.594 atau sebesar 59.4%, 3) Terdapat korelasi positif yang sangat kuat antara variabel pembinaan MTQ dengan hasil belajar Al- Qur’an Hadits siswa. Hal ini dapat diketahui melalui hasil uji korelasi bivariat yang menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0.000 dimana korelasi akan terbentuk apabila Sig. (2-tailed) < α atau 0.000 < 0.05.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Pembimbing: Dr. Akhmad Sholeh, S.Ag., M.Si. |
| Uncontrolled Keywords: | Pembinaan MTQ, Hasil Belajar, Kontingen MTQ |
| Subjects: | Pendidikan Agama Islam Pendidikan > Evaluasi Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1) |
| Depositing User: | Muh Khabib, SIP. |
| Date Deposited: | 10 May 2022 10:10 |
| Last Modified: | 18 Sep 2025 10:29 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50934 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
