HUBUNGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS IX DI SMP N 2 SLEMAN

Muhammad Maulana Nasihin Ainul Bahri, NIM.: 18104010072 (2022) HUBUNGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS IX DI SMP N 2 SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS IX DI SMP N 2 SLEMAN)
18104010072_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS IX DI SMP N 2 SLEMAN)
18104010072_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini bahwa penguasaan kompetensi pedagogik guru memiliki hubungan dengan hasil belajar siswa, namun pada fakta yang terjadi siswa memiliki hasil belajar yang baik tetapi sikap siswa belum atau dikatakan kurang baik. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian tentang hubungan kompetensi pedagogik guru dengan hasil belajar siswa. Yang menjadipermasalahan pada penelitian ini sebagai berikut: Bagaimana kompetensi pedagogik guru PAI di SMP N 2 Sleman, bagaimana hasil belajar siswa kelas 9 di SMP N 2 Sleman, dan apakah ada hubungan kompetensi pedagogik guru dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP N 2 Sleman.Penelitian ini bertujuan untuk mengangkat hubungan antara kompetensi pedagogik guru dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas IX di SMP N 2 Sleman pada tahun pelajaran 2021/ 2022. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IX di SMP N 2 Sleman yang beragama Islam yang memiliki jumlah 183 anak. Pengambilan sampel mengacu pada pendapat Suharsimi Arikunto dengan pengambilan sampel 25% dari populasi yaitu 56 siswa. Peneliti menggunakan angket untuk mengumpulkan data. Analisis instrumen meliputi analisis validitas dan reliablilitas data, hasil analisis reliabilitas menunjukan koefisien reliabilitas sebesar 0, 938 dan 0,861 > R tabel ( 0,2181), dengan demikian kedua variabel dinyatakan reliabel dan valid. Olah data pada penelitian ini menggunakan korelasi product momen untuk mengetahui hubungan kedua variabel, dan hasil dari olah data didapatkan nilai signifikansi 0, 812, setelah diperoleh indeks korelasi lalu dikonsultasikan dengan r tabel 0, 2181 atau lebih besar dari 0,05 dan memiliki pengertian bahwa ada hubungan yang signifikan. Maka dengan ini disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara kompetensi pedagogik guru dengan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Hasil belajar siswa SMP N 2 Sleman berada pada kategori baik, 2) Kompetensi pedagogik guru di SMP N 2 Sleman mengenai kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam masuk pada kategori cukup baik dengan nilai presentase 62,5%. 3) hasil analisis korelasi product momen di ambil kesimpulan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, yang memiliki pengertian bahwa adanya hubungan positif antara kompetensi pedagogik guru dengan hasil belajar siswa di SMP N 2 Sleman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Rofik, M. Ag
Uncontrolled Keywords: Kompetensi, Pedagogik, Hasil belajar, Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 10 May 2022 10:13
Last Modified: 10 May 2022 10:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50935

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum