HUBUNGAN PERSEPSI PESERTA DIDIK TENTANG PENGGUNAAN MEDIA GOOGLE CLASSROOM DALAM PEMBELAJARAN PAI DENGAN PRESTASI BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS XII PROGRAM TEKNIK KOMPUTER JARINGAN SMK PANCA BHAKTI BANJARNEGARA

Hanny Rizqiyana Nur’aliya, NIM.: 18104010087 (2022) HUBUNGAN PERSEPSI PESERTA DIDIK TENTANG PENGGUNAAN MEDIA GOOGLE CLASSROOM DALAM PEMBELAJARAN PAI DENGAN PRESTASI BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS XII PROGRAM TEKNIK KOMPUTER JARINGAN SMK PANCA BHAKTI BANJARNEGARA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN PERSEPSI PESERTA DIDIK TENTANG PENGGUNAAN MEDIA GOOGLE CLASSROOM DALAM PEMBELAJARAN PAI DENGAN PRESTASI BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS XII PROGRAM TEKNIK KOMPUTER JARINGAN SMK PANCA BHAKTI BANJARNEGARA)
18104010087_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN PERSEPSI PESERTA DIDIK TENTANG PENGGUNAAN MEDIA GOOGLE CLASSROOM DALAM PEMBELAJARAN PAI DENGAN PRESTASI BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS XII PROGRAM TEKNIK KOMPUTER JARINGAN SMK PANCA BHAKTI BANJARNEGARA)
18104010087_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan media Google Classroom yang dinilai efektif dalam pembelajaran jarak jauh, namun pada kenyataannya tidak semua peserta didik dapat menerima pembelajaran dengan baik dan menimbulkan berbagai persepsi dari peserta didik. Oleh karena itu, perlu adanya penelitian mengenai hubungan persepsi peserta didik tentang penggunaan media Google Classroom dalam pembelajaran PAI dengan prestasi belajar kognitif peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan tingkat persepsi peserta didik tentang penggunaan media Google Classroom dalam pembelajaran. 2) Mendeskripsikan tingkat pencapaian prestasi belajar kognitif dalam pembelajaran PAI kelas XII program Teknik Komputer Jaringan SMK Panca Bhakti Banjarnegara.3) Mengetahui hubungan penggunaan media Google Classroom dalam pembelajaran jarak jauh dengan prestasi belajar kognitif peserta didik kelas XII program Teknik Komputer Jaringan SMK Panca Bhakti Banjarnegara. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan subjek peserta didik kelas XII program Teknik Komputer Jaringan SMK Panca Bhakti Banjarnegara sebanyak 78 responden. Pengumpulan data menggunakan metode skala sikap, dokumentasi dan wawancara. Sedangkan untuk pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Tingkat persepsi peserta didik tentang penggunaan media Google Classroom dalam pembelajaran PAI kelas XII program Teknik Komputer Jaringan di SMK Panca Bhakti Banjarnegara berada pada kategori baik. Berdasarkan hasil angket tersebut menunjukkan presentase sebesar 67% yang memiliki standarisasi persepsi dalam skala interpretasi baik yang mendapatkan skor 60 s/d 80 berjumlah 52 peserta didik dari total jumlah 78 peserta didik. 2) Tingkat pencapaian prestasi belajar kognitif dalam pembelajaran PAI kelas XII program Teknik Komputer Jaringan di SMK Panca Bhakti Banjarnegara berada pada kategori baik. Berdasarkan hasil penilaian tersebut menunjukkan presentase sebesar 58% yang memiliki standarisasi prestasi belajar kognitif dalam skala interpretasi baik yang mendapatkan skor 61s/d 82 berjumlah 45 peserta didik dari total jumlah 78 peserta didik. 3) Terdapat hubungan positif yang signifikan dari persepsi peserta didik tentang penggunaan media Google Classroom dalam pembelajaran PAI dengan pencapaian prestasi belajar kognitif dalam pembelajaran PAI, hal tersebut dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05 dengan nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,449. Sehingga dapat dikatakan bahwa hubungan persepsi peserta didik tentang penggunaan Google Classroom dalam pembelajaran PAI dapat memprediksi pencapaian prestasi belajar kognitif sebesar 45%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Moch. Fuad, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Google Classroom, Pembelajaran PAI, Prestasi Belajar Kognitif
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 10 May 2022 10:17
Last Modified: 10 May 2022 10:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50936

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum