IMPLEMENTASI BLENDED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QUR’AN DI ASRAMA ABU DZAR AL-GHIFFARI MADRASAH MU’ALLIMIN MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA

Ahmad Azzam, NIM.: 18104010113 (2022) IMPLEMENTASI BLENDED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QUR’AN DI ASRAMA ABU DZAR AL-GHIFFARI MADRASAH MU’ALLIMIN MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI BLENDED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QUR’AN DI ASRAMA ABU DZAR AL-GHIFFARI MADRASAH MU’ALLIMIN MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA)
18104010113_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI BLENDED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QUR’AN DI ASRAMA ABU DZAR AL-GHIFFARI MADRASAH MU’ALLIMIN MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA)
18104010113_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah pada era awal new normal, pembelajaran tatap muka hanya dibolehkan beberapa persen saja untuk mencegah kerumunan dalam jumlah yang besar dan mencegah penularan covid-19. Oleh karena itu Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta membuat kurikulum darurat yang dalam pelaksanaannya menggunakan model pembelajaran blended learning. Pelaksanaan blended learning dilakukan sebagai solusi pembelajaran jarak jauh dan pembelajaran tatap muka di masa social distancing untuk mencegah penularan Covid-19. Serta masalah yang ditemukan di Asrama Abu Dzar Al-Ghiffari yakni pelaksanaan blended learning dalam pembelajaran tahfidz yang kurang maksimal berdasarkan observasi awal dan wawancara beberapa sumber. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan implementasi blended learning dalam pembelajaran tahfidz Al-Qur’an di Asrama Abu Dzar Al-Ghiffari Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta, (2) Mengetahui kelebihan dan kekurangan implementasi blended learning dalam pembelajaran tahfidz Al-Qur’an di Asrama Abu Dzar Al-Ghiffari Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta, (3) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi blended learning pada pembelajaran tahfidz Al-Qur’an di Asrama Abu Dzar Al-Ghiffari Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta. Penelitian ini berjenis field research. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam memperoleh data penelitian menggunakan beberapa metode meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data dengan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dengan triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Pelaksanaan blended learning dalam pembelajaran tahfidz di Asrama Abu Dzar Al-Ghiffari dilaksanakan dengan baik. Sementara itu, blended learning yang telah dilaksanakan ini sudah memenuhi semua unsur atau komponennya, yang terdiri dari: (a) pembelajaran tatap muka; (b) online learning; dan (c) belajar mandiri. Implementasi blended learning dalam pembelajaran tahfidz di Asrama Abu Dzar Al-Ghiffari melalui beberapa tahapan sebagai berikut : tahap perencanaan yaitu adanya proses analisa materi, menentukan media, menyiapkan sumber belajar dan mengatur jadwal bagi santri offline maupun santri online, musyrif mengawali pembelajaran dengan apersepsi kemudian dilanjutkan penjelasan materi, penugasan, penilaian dan evaluasi pembelajaran. (2) Dalam pelaksanaan blended learning pada pembelajaran tahfidz memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan. Kelebihan ini dapat menjadi kekuatan bagi sekolah untuk terus meningkatkan dan berinovasi dalam menyelenggarakan pendidikan dengan baik dan kekurangan sebuah program akan menjadi evaluasi bersama. (3) Saat proses pembelajaran terjadi kendala yang menghambat, Madrasah dan asrama harus bersinergi dan siap memfasilitasi sarana prasarana yang dapat mendukung pembelajaran. Jika kendala sudah ditemukan sudah seharusnya untuk dievaluasi dan perbaikan harus segera dilakukan. Terutama pamong dan musyrif sebagai pelaksana blended learning dalam pembelajaran tahfidz di asrama harus lebih siap untuk membina dan mendampingi saat pembelajaran mengingat kondisi yang dialami berbeda dengan sebelumnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Munajat, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Blended Learning, Tahfidz Al-Qur’an, Proses Pembelajaran
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
al Qur'an > Tahfidz al Qur'an
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 10 May 2022 10:21
Last Modified: 10 May 2022 10:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50937

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum