STRATEGI PEMBELAJARAN GURU USHUL FIQH DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA JURUSAN KEAGAMAAN DI MAN 3 BANTUL TAHUN AJARAN 2024/2025

Atania Firdaus, NIM.: 21104010084 (2025) STRATEGI PEMBELAJARAN GURU USHUL FIQH DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA JURUSAN KEAGAMAAN DI MAN 3 BANTUL TAHUN AJARAN 2024/2025. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PEMBELAJARAN GURU USHUL FIQH DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA JURUSAN KEAGAMAAN DI MAN 3 BANTUL TAHUN AJARAN 2024/2025)
21104010084_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PEMBELAJARAN GURU USHUL FIQH DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA JURUSAN KEAGAMAAN DI MAN 3 BANTUL TAHUN AJARAN 2024/2025)
21104010084_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Ada banyak kendala dalam proses pembelajaran. Salah satunya yaitu kesulitan belajar. Ushul Fiqh merupakan salah satu mata pelajaran yang dianggap sulit oleh sebagian siswa MAN 3 Bantul. Padahal, Ushul Fiqih sangat penting dipelajari agar jika suatu saat mendapati persoalan yang hukumnya tidak ada di dalam Al-Qur’an dan Hadis, maka persoalan tersebut tetap dapat dipecahkan. Sebagai sosok yang bertanggung jawab dalam pembelajaran, guru harus mempersiapkan strategi untuk menghadapi kesulitan belajar yang dialami oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja kesulitan belajar yang dialami oleh siswa ketika belajar Ushul Fiqh, untuk mengetahui bagaimana strategi pembelajaran guru Ushul Fiqih dalam mengatasi kesulitan belajar siswa di MAN 3 Bantul, serta untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan strategi pembelajaran guru Ushul Fiqih dalam mengatasi kesulitan belajar siswa di MAN 3 Bantul. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Penelitian ini berfokus pada strategi pembelajaran dan pengalaman guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa, yang membutuhkan pemahaman mendalam terhadap perilaku, interaksi, dan konteks. Dalam penelitian ini, peneliti langsung terjun ke lapangan untuk meneliti terkait strategi pembelajaran guru Ushul Fiqih dalam mengatasi kesulitan belajar siswa di MAN 3 Bantul. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah beberapa responden terkait dalam penelitian ini yakni, guru mata pelajaran Ushul Fiqih, Novi Perwitasari dan delapan siswa yang mempelajari Ushul Fiqih di MAN 3 Bantul. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti memastikan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber, yaitu membandingkan data dari guru dan siswa untuk memperoleh informasi yang lebih mendalam dan terpercaya. Tahap-tahap analisis data yang dilakukan peneliti yaitu dengan mereduksi data, menyajikan data, kemudian menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, kesulitan belajar yang dialami oleh siswa ketika belajar Ushul Fiqh di MAN 3 Bantul adalah: (1) Kesulitan memahami istilah asing, (2) Kesulitan dalam menghafal dan memahami materi, (3) Kesulitan memahami bahasa guru yang terlalu ilmiah dan penyampaian materi yang kurang menarik. Kedua, dalam upaya mengatasi kesulitan belajar yang dialami oleh siswa, guru Ushul Fiqh di MAN 3 Bantul menerapkan beberapa Strategi pembelajaran, diantaranya yaitu: (1) Identifikasi kesulitan belajar yang dialami siswa, (2) Penerapan model dan metode pembelajaran dalam mengatasi kesulitan belajar, dan (3) Pemanfaatan teknologi sebagai media pembelajaran. Ketiga, faktor yang mendukung penerapan strategi pembelajaran Ushul Fiqh di MAN 3 Bantul adalah: (1) Dukungan dari madrasah, dan (2) Antusiasisme siswa. Sedangkan faktor yang menghambat pembelajaran Ushul Fiqh di MAN 3 Bantul adalah (1) Kurangnya motivasi belajar siswa, dan (2) Keterbatasan materi pengantar dalam kurikulum.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Drs. H. Radino, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: ushul fiqh; strategi pembelajaran; kesulitan belajar
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Metode Pengajaran, Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya edt
Date Deposited: 18 May 2022 14:50
Last Modified: 11 Aug 2025 14:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50944

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum