ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL KELAS VIII

Anis Luluk Rahmadhani, NIM.: 18106000053 (2022) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL KELAS VIII. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL KELAS VIII)
18106000053_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL KELAS VIII)
18106000053_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (13MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah merupakan tujuan umum pengajaran matematika, dengan pandangan bahwa matematika dapat membantu dalam memecahkan persoalan baik dalam pelajaran lain maupun dalam kehidupan sehari-hari. Terlepas dari itu, salah satu aspek yang mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah adalah gaya belajar yang sangat perlu diperhatikan. Dengan mengetahui gaya belajarnya dan menggunakan cara efisien sesuai dengan gaya belajar maka akan memperoleh hasil belajar yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menelaah kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII pada pokok bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Penelitian ini berjenis penelitian deskriptif-kualitatif. Prosedur penelitian kualitatif ini terdiri dari tahap pra penelitian meliputi wawancara dengan guru matematika dan penyusunan instrumen penelitian, tahap penelitian meliputi pemberian tes tertulis, angket dan wawancara dengan siswa, serta tahap analisis data yaitu mengolah data yang didapat dari lapangan sehingga peneliti dapat menjawab rumusan masalah. Penelitian ini dilakukan di SMP N 1 Ngluwar dengan subjek yang diteliti adalah siswa-siswi kelas VIII C. Adapun instrumen yang digunakan untuk megumpulkan data adalah peneliti sebagai instrumen utama yang dibantu dengan lembar tes, angket dan pedoman wawancara, untuk kemudian diolah menjadi sebuah data. Kemudian dilakukan triangulasi data untuk mendapatkan keabsahan data Hasil analisis menunjukkan bahwa siswa dengan gaya belajar yang berbeda yaitu visual, auditorial, dan kinestetik juga mempunyai tingkat kemampuan pemecahan masalah yang berbeda. Karakteristik siswa dengan gaya belajar visual dalam menyelesaikan soal mampu menuliskan informasi dari masalah yang diajukan dengan kalimat yang jelas dan rinci, kemudian siswa cenderung menuliskan kesimpulan dan memeriksa kembali jawaban dengan cara logis. Siswa gaya belajar auditorial dalam menyelesaikan soal mampu menuliskan informasi dari masalah yang diajukan tetapi kurang lengkap, mampu menjelaskan secara rinci informasi yang diketahuinya melalui wawancara, akan tetapi siswa tidak mampu menginterpretasi dan memeriksa kembali hasil. Siswa gaya belajar kinestetik cenderung menuliskan informasi dengan menuliskan secara singkat, menyusun rencana penyelesaian, serta mampu menggunakan langkah penyelesaian dengan benar. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah dengan mengembangkan model pembelajaran sesuai gaya belajar siswa untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah berdasarkan data yang sudah penulis paparkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Raekha Azka, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Pemecahan masalah, Gaya Belajar, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 10 May 2022 11:18
Last Modified: 10 May 2022 11:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50948

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum