PENGARUH MODEL JOYFUL LEARNING BERBASIS FLIPPED CLASSROOM TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA/MA PADA MATERI SISTEM KOLOID

Maftukhatul Hidayah, NIM.: 18106070007 (2022) PENGARUH MODEL JOYFUL LEARNING BERBASIS FLIPPED CLASSROOM TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA/MA PADA MATERI SISTEM KOLOID. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MODEL JOYFUL LEARNING BERBASIS FLIPPED CLASSROOM TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA/MA PADA MATERI SISTEM KOLOID)
18106070007_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MODEL JOYFUL LEARNING BERBASIS FLIPPED CLASSROOM TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA/MA PADA MATERI SISTEM KOLOID)
18106070007_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Joyful Learning berbasis Flipped Classroom terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa kelas XI SMA/MA pada materi sistem koloid. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain Non-Equivalen Control Pretest Posttest Group. Dua kelas XI MIPA MAN Purworejo dipilih secara cluster random sampling untuk menentukan kelas kontrol (XI MIPA 4) dan kelas eksperimen (XI MIPA 3). Data keaktifan belajar siswa diungkap menggunakan lembar observasi keaktifan dan angket keaktifan belajar siswa dan dianalisis dengan uji Mann-Whitney, sedangkan hasil belajar siswa menggunakan soal tes dan dianalisis dengan uji independent sampel T-test. Hasil uji Mann-Whitney pada keaktifan belajar siswa menurut observasi menunjukkan nilai Asymp. Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 dan menurut hasil angket menunjukkan nilai Asymp. Sig.(2-tailed) sebesar 0,018. Berdasarkan kriteria penerimaan hipotesis, Ha diterima, artinya bahwa ada perbedaan signifikan rata-rata keaktifan siswa antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Uji hipotesis untuk hasil belajar menggunakan uji independent sampel T-test dan didapatkan nilai signifikansi sebesar 0,017 atau nilai Sig.(2-tailed) < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa model Joyful Learning berbasis Flipped Classroom berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada materi sistem koloid di MAN Purworejo.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Jamil Suprihatiningrum, M.Pd..Si.,Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Joyful Learning, Flipped Classroom, Keaktifan, Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 10 May 2022 11:25
Last Modified: 10 May 2022 11:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50950

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum