PENGEMBANGAN VIDEO PRAKTIKUM BERMUATAN CHEMO-ENTREPRENEURSHIP (CEP) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI SIFAT KOLIGATIF LARUTAN SISWA SMA/MA

Aqilatun Ni’mah, NIM.: 18106070038 (2022) PENGEMBANGAN VIDEO PRAKTIKUM BERMUATAN CHEMO-ENTREPRENEURSHIP (CEP) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI SIFAT KOLIGATIF LARUTAN SISWA SMA/MA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN VIDEO PRAKTIKUM BERMUATAN CHEMO-ENTREPRENEURSHIP (CEP) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI SIFAT KOLIGATIF LARUTAN SISWA SMA/MA)
18106070038_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN VIDEO PRAKTIKUM BERMUATAN CHEMO-ENTREPRENEURSHIP (CEP) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI SIFAT KOLIGATIF LARUTAN SISWA SMA/MA)
18106070038_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pengembangan soft skill praktikum, kewirausahaan, dan penguasaan konsep materi merupakan komponen penting dalam menghadapi tantangan di era revolusi industri 4.0. Upaya yang dilakukan yaitu dengan meningkatkan kualitas praktikum dengan mengintegrasikan aspek kewirausahaan di dalamnya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video praktikum bermuatan Chemo-entrepreneurship (CEP) pada materi sifat koligatif larutan dan menganalisis kualitas video praktikum bermuatan Chemo-entrepreneurship (CEP) pada materi sifat koligatif larutan berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, guru kimia, dan respon siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate) namun dibatasi sampai tahap develop. Produk merupakan video praktikum bermuatan chemo-entrepreneurship berbentuk mp4 berisi pembuatan es krim yang berkaitan dengan konsep penurunan titik beku, sirup sirsak yang berkaitan dengan konsep kenaikan titik didih, dan telur asin yang berkaitan dengan konsep tekanan osmotik. Produk divalidasi oleh satu dosen ahli materi, satu dosen ahli media, dan empat peer reviewer. Kualitas produk dinilai oleh empat guru kimia SMA/MA dan direspon oleh sepuluh siswa. Penilaian kualitas dilakukan dengan metode expert judgement yaitu produk dinilai oleh ahli sesuai bidangnya. Penilaian kualitas dilakukan menggunakan lembar angket skala Likert, sedangkan respon siswa dilakukan menggunakan lembar angket skala Guttman. Hasil penilaian kualitas produk oleh ahli media mendapatkan persentase 95% dengan kategori Sangat Baik (SB), penilaian oleh ahli materi mendapatkan persentase 100% dengan kategori Sangat Baik (SB), dan penilaian produk oleh guru kimia SMA/MA mendapatkan persentase 95% dengan kategori Sangat Baik (SB). Video ini direspon positif oleh siswa dengan persentase sebesar 97%. Berdasarkan hasil penilaian, dapat disimpulkan produk yang dikembangkan layak digunakan untuk proses pembelajaran di SMA/MA pada materi sifat koligatif larutan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Agus Kamaludin, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Penelitian Pengembangan, Video Praktikum, Chemo-entrepreneurship, Sifat Koligatif Larutan
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 10 May 2022 11:30
Last Modified: 10 May 2022 11:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50952

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum