ANALISIS DESAIN EKSPERIMEN PEMBUATAN INHIBITOR KOROSI BESI DARI EKSTRAK DAUN JAMBU BIJI (Psidium guajava L.) BAGI PEMBELAJARAN KIMIA KONTEKSTUAL

Shofrina Surya Dewi, NIM.: 18106070046 (2022) ANALISIS DESAIN EKSPERIMEN PEMBUATAN INHIBITOR KOROSI BESI DARI EKSTRAK DAUN JAMBU BIJI (Psidium guajava L.) BAGI PEMBELAJARAN KIMIA KONTEKSTUAL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS DESAIN EKSPERIMEN PEMBUATAN INHIBITOR KOROSI BESI DARI EKSTRAK DAUN JAMBU BIJI (Psidium guajava L.) BAGI PEMBELAJARAN KIMIA KONTEKSTUAL)
18106070046_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS DESAIN EKSPERIMEN PEMBUATAN INHIBITOR KOROSI BESI DARI EKSTRAK DAUN JAMBU BIJI (Psidium guajava L.) BAGI PEMBELAJARAN KIMIA KONTEKSTUAL)
18106070046_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran kontekstual merupakan suatu konsep pembelajaran yang mengutamakan hubungan antara materi pembelajaran dengan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari. Kendala dalam penerapan pembelajaran kontekstual yaitu kesulitan dalam menyajikan konsep pembelajaran yang melibatkan potensi sumber daya lokal. Salah satu sumber daya lokal yang memiliki banyak manfaat adalah daun jambu biji. Daun jambu biji dengan kandungan tanin berpotensi sebagai bahan dasar inhibitor korosi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strandar kompetensi inti, kompetensi dasar, dan indikator pencapaian materi korosi, menganalisis hasil proses pembuatan ekstrak daun jambu biji sebagai inhibitor alami untuk pembelajaran kimia kontekstual, dan menganalisis potensi ekstrak daun jambu biji sebagai inhibitor alami korosi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Analisis kompetensi inti, kompetensi dasar, dan indikator capaian kompetensi menggunakan metode studi literatur naskah kurikulum 2013 revisi 2018. Analisis proses pembuatan ekstrak daun jambu biji sebagai inhibitor korosi dilakukan dengan metode observasi dan eksperimen. Analisis potensi daun jambu biji sebagai inhibitor korosi dilakukan melalui wawancara, observasi, eksperimen, dan studi literatur yang meliputi aspek finansial, aspek pedagogik dan aspek sumber daya manusia. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterkaitan materi korosi dengan eksperimen meliputi identifikasi faktor yang dapat mengatasi korosi, penjelasan gagasan untuk mencegah korosi, perbandingan cepat lambatnya proses korosi, serta analisis laju korosi. Eksperimen dilakukan dengan modifikasi alat bahan serta cara kerja metode maserasi menggunakan pelarut etanol 70%. Pengujian laju korosi yang dilakukan menunjukkan bahwa semakin tinggi konsentrasi inhibitor maka semakin menurun nilai laju korosi yang didapatkan. Pada penelitian ini laju korosi yang paling tinggi terjadi pada plat besi dengan konsentrasi inhibitor 0% dengan nilai 0,00175 g/cm2.hari sedangkan laju korosi yang paling rendah terjadi pada plat besi dengan konsentrasi inhibitor 20% dengan nilai 0,00025 g/cm2.hari. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa inhibitor alami dari ekstrak daun jambu biji dapat digunakan sebagai alternatif praktikum sederhana pada pembelajaran di sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Retno Aliyatul Fikroh, M.Sc
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kontekstual, Daun Jambu Biji, Inhibitor Alami
Subjects: Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 10 May 2022 11:33
Last Modified: 10 May 2022 11:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50953

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum