PENGGUNAAN KAMUS ISTILAH PENDIDIKAN TIGA BAHASA DALAM PEMBELAJARAN INSYA’ DI IAIN SALATIGA DAN UIN SURAKARTA

Mey Linda Indriyani, NIM.: 19204020008 (2022) PENGGUNAAN KAMUS ISTILAH PENDIDIKAN TIGA BAHASA DALAM PEMBELAJARAN INSYA’ DI IAIN SALATIGA DAN UIN SURAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGGUNAAN KAMUS ISTILAH PENDIDIKAN TIGA BAHASA DALAM PEMBELAJARAN INSYA’ DI IAIN SALATIGA DAN UIN SURAKARTA)
19204020008_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (PENGGUNAAN KAMUS ISTILAH PENDIDIKAN TIGA BAHASA DALAM PEMBELAJARAN INSYA’ DI IAIN SALATIGA DAN UIN SURAKARTA)
19204020008_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

di IAIN Salatiga dan UIN Surakarta, untuk mengetahui bagaimana penggunaan Kamus Istilah Pendidikan Tiga Bahasa dalam pembelajaran insya’ di IAIN Salatiga dan UIN Surakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen (experimental research). Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen atau eksperimen semu. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, tes, angket dan dokumentasi. Untuk analisis data angket validitas dan reabilitas menggunakan uji statisti IBM 25 dan analisis data tes menggunakan uji normalitas, homogenitas dan uji independent samples t-test. Adapun hasil dari penelitian ini sebagai berikut: 1) Pembelajaran Insya’ di IAIN Salatiga dan UIN Surakarta selama masa pandemi dilakukan secara Online dan menggunakan Zoom, Gmeet, Whatsapp, setiap hari selasa IAIN Salatiga dan Jum’at UIN Surakarta. Untuk media pembelajaran berupa kamus menggunakan Al-Munawwir IAIN Salatiga dan mu’jam ma’ani UIN Surakarta. Dosen memberi tugas melalui video materi atau berupa materi teks kemudian mahasiswa mengembangkan dan mendiskusikan lewat whattsap, untuk penugasan IAIN Salatiga diberi waktu seminggu dan UIN Surakarta diberi waktu 3 hari. 2) Hasil penggunaan Kamus Istilah Pendidikan Tiga Bahasa dalam pembelajaran Insya’ yaitu dapat dilihat dari respon mahasiswa diketahui kelas Insya’ IAIN Salatiga terdapat 28 mahasiswa dan kelas Insya’ UIN Surakarta 36 Mahasiswa, adapun nilai pretest yang didapat untuk kelas Insya’ IAIN Salatiga sebesar 54.11 dan kelas UIN Surakarta sebesar 51.53. Peningkatan hasil pembelajaran Insya’ diperoleh dari hasil post test yang diuji dengan SPSS IBM 25 dinyatakan bahwa 475 > 0.05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil data homogenitas menunjukkan nilai sig 475 > 0.05 terdapat perbedaan penggunaan kamus Istilah pendidikan Tiga Bahasa dalam pembelajaran Insya’ di IAIN Salatiga dan UIN Surakarta. sehingga dapat disimpulkan bahawa kamus istilah pendidikan Tiga Bahasa efektif digunakan dalam pembelajaran Insya’ di IAIN Salatiga dan UIN Surakarta. dengan melihat hasil rata-rata bahawa kelas Insya’ IAIN Salatiga lebih kecil dibanding kelas Insya’ UIN Surakarta, pada soal posttest yaitu 62,78 > 61,25.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Muhammad Jafar Shodiq, S.Pd.I., M.S.I.
Uncontrolled Keywords: Kamus Istilah Pendidikan Tiga Bahasa, Pembelajaran Insya"
Subjects: Bahasa Arab > Bahasa Arab Tatabahasa - Sejarah
Pendidikan Bahasa Arab > PENDIDIKAN BAHASA ARAB - TEORI
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 10 May 2022 14:20
Last Modified: 10 May 2022 14:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50965

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum