PEMODELAN TOPIK DOKUMEN SKRIPSI MAHASISWA S1 TEKNIK INFORMATIKA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA MENGGUNAKAN ANALISIS LATENT DIRICHLET ALLOCATION

Achmad Ibrahim Humam, NIM.: 17106050029 (2022) PEMODELAN TOPIK DOKUMEN SKRIPSI MAHASISWA S1 TEKNIK INFORMATIKA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA MENGGUNAKAN ANALISIS LATENT DIRICHLET ALLOCATION. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMODELAN TOPIK DOKUMEN SKRIPSI MAHASISWA S1 TEKNIK INFORMATIKA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA MENGGUNAKAN ANALISIS LATENT DIRICHLET ALLOCATION)
1RFYYR~W.PDF - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PEMODELAN TOPIK DOKUMEN SKRIPSI MAHASISWA S1 TEKNIK INFORMATIKA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA MENGGUNAKAN ANALISIS LATENT DIRICHLET ALLOCATION)
1ZCF3Z~0.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Setiap tahun, pendidikan tinggi meluluskan banyak mahasiswa dengan penelitian dan tugas akhir yang beragam sebagai syarat atas kelulusannya. Hal ini menyebabkan jumlah laporan tugas akhir selalu bertambah. Bertambahnya laporan tugas akhir ini menumbuhkan peluang semakin banyak mahasiswa yang mengambil penelitian dengan tema, objek, dan metode penelitian yang mirip atau hampir sama. Meski demikian, banyaknya laporan tugas akhir terdahulu juga menciptakan banyak sumber referensi untuk penelitian yang akan datang, tetapi tidak jarang mahasiswa masih kebingungan dalam menentukan topik penelitian yang akan dibahas. Oleh sebab itu, perlu adanya penelitian untuk mengetahui topik apa saja yang sudah sering dibahas di tugas akhir terdahulu untuk memudahkan mahasiswa dalam memilih topik tugas akhir yang akan dibahas dan membantu dosen pembimbing skripsi dalam membimbing dan mengarahkan proses penyusunan skripsi oleh mahasiswa serta membantu upaya terciptanya topik pembahasan skripsi yang semakin beragam. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pemodelan topik dokumen skripsi mahasiswa dengan melakukan analisis Latent Dirichlet Allocation (LDA) untuk mencari tahu topik apa saja yang sering dibahas dalam skripsi mahasiswa S1 Teknik Informatika UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dari tahun 2010-2021 dengan data sebanyak 666 dokumen. Proses evaluasi menghasilkan model optimal dengan jumlah topik sebanyak 6. Enam topik tersebut adalah “Analisis dan Perancangan Sistem”, “Data Mining”, “Jaringan Komputer”, “Sistem Pendukung Keputusan”, “Pengujian Perangkat Lunak”, dan “Keamanan Komputer”. Dari hasil perbandingan persentase kata-kata pada setiap topik, topik “Analisis dan Perancangan Sistem” mendominasi pembahasan skripsi mahasiswa S1 Teknik Informatika UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Ir. Bambang Sugiantoro, S.Si., M.T.
Uncontrolled Keywords: Text Mining, Topic Modeling, LDA, Thesis
Subjects: Tehnik Informatika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 10 May 2022 14:46
Last Modified: 16 Jan 2023 15:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50970

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum