PRINSIP KERJA ALGORITMA DINKELBACH DAN TRANSFORMASI CHARNES COOPER DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PEMROGRAMAN FRAKSIONAL LINEAR

Evira Dian Safitri, NIM.: 18106010029 (2022) PRINSIP KERJA ALGORITMA DINKELBACH DAN TRANSFORMASI CHARNES COOPER DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PEMROGRAMAN FRAKSIONAL LINEAR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PRINSIP KERJA ALGORITMA DINKELBACH DAN TRANSFORMASI CHARNES COOPER DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PEMROGRAMAN FRAKSIONAL LINEAR)
18106010029_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PRINSIP KERJA ALGORITMA DINKELBACH DAN TRANSFORMASI CHARNES COOPER DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PEMROGRAMAN FRAKSIONAL LINEAR)
18106010029_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pemrograman Fraksional Linear (PFL) merupakan suatu kasus khusus dari Non Linear Programming (NLP) dengan fungsi objektif terdiri atas rasio dua fungsi linear. Untuk menyelesaikan masalah PFL digunakan metode Algoritma Dinkelbach dan Transformasi Charnes Cooper. Algoritma Dinkelbach bekerja dengan cara mendefinisikan fungsi baru pada fungsi objektif sehingga menghasilkan fungsi objektif yang linear dengan kendala yang serupa. Sedangkan Transformasi Charnes Cooper bekerja dengan cara mengganti variabel pada masalah PFL menjadi variabel baru pada fungsi objektif maupun fungsi kendala. Inti dari kedua metode ini yaitu mengubah masalah PFL menjadi masalah Linear Programming (LP) yang kemudian dapat diselesaikan nilai optimal serta nilai variabel menggunakan software WinQSB. Penelitian ini akan menggunakan data dari UD Bintang Furniture yang bergerak di bidang produksi mebel yaitu produksi lemari. Masalah PFL pada perusahaan ini adalah menentukan nilai optimal dari perbandingan antara keuntungan dan biaya produksi perusahaan. Dengan menggunakan metode Algoritma Dinkelbach dan Transformasi Charnes Cooper diperoleh rasio perbandingan antara keuntungan dan biaya produksi yaitu 1:0,68. Namun, proses perhitungan dalam mencari nilai optimal, Algoritma Dinkelbach membutuhkan iterasi lebih banyak daripada Transformasi Charnes Cooper.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Muhammad Wakhid Musthofa, S.Si., M.Si
Uncontrolled Keywords: Pemrograman Fraksional Linear, Algoritma Dinkelbach, Transformasi Charnes Cooper.
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 13 May 2022 10:31
Last Modified: 13 May 2022 10:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50974

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum