ANALISIS PERBANDINGAN NILAI QOS (QUALITY OF SERVICE) TERHADAP KEKUATAN 4.5G DENGAN OPERATOR TRI, XL, TELKOMSEL, INDOSAT, DAN SMARTFREN DI DAERAH SEKITAR SMK MUHAMMADIYAH MUNGKID

Revaldi Eka Pramuja, NIM.: 18106050002 (2022) ANALISIS PERBANDINGAN NILAI QOS (QUALITY OF SERVICE) TERHADAP KEKUATAN 4.5G DENGAN OPERATOR TRI, XL, TELKOMSEL, INDOSAT, DAN SMARTFREN DI DAERAH SEKITAR SMK MUHAMMADIYAH MUNGKID. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PERBANDINGAN NILAI QOS (QUALITY OF SERVICE) TERHADAP KEKUATAN 4.5G DENGAN OPERATOR TRI, XL, TELKOMSEL, INDOSAT, DAN SMARTFREN DI DAERAH SEKITAR SMK MUHAMMADIYAH MUNGKID)
18106050002_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PERBANDINGAN NILAI QOS (QUALITY OF SERVICE) TERHADAP KEKUATAN 4.5G DENGAN OPERATOR TRI, XL, TELKOMSEL, INDOSAT, DAN SMARTFREN DI DAERAH SEKITAR SMK MUHAMMADIYAH MUNGKID)
18106050002_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kemajuan teknologi jaringan yang ada pada saat ini tengah berkembang dengan sangat pesat dan cepat, sehingga adanya hal tersebut tidak bisa dihindari dan telah mencakup ke semua aspek kehidupan sehari-hari. Salah satu bentuk nyata yang ada yaitu teknologi 4.5G yang merupakan perkembangan dari teknologi 4G sebelumnya. Dengan adanya perkembangan dari jaringan tersebut akan mempermudah kebutuhan serta keperluan untuk berselancar di internet sehari-harinya terlebih untuk pendidikan di masa Covid 19 ini yang mengharuskan kegiatan pembelajaran dilaksanakan secara daring. Namun perbedaan kecepatan dalam mengakses perlu akan adanya penelitian dan pengujian terhadap kualitas layanan jaringan tersebut. Oleh karena itu untuk mendapatkan suatu jaringan dalam layanan yang baik perlu adanya layanan Quality of Service (QoS) yang baik pula. Dalam pengujian teknologi jaringan 4.5G ini berfokus pada lima parameter QoS saja yaitu: Throughput, Delay, Jitter, Packet Loss, dan Bandwitdh dengan operator yang diuji yaitu: Tri, XL, Indosat, Smartfren, dan Telkomsel. Dalam pengukuran performa teknologi jaringan 4.5G menggunakan layanan QoS, analisa dan pengujian yang dilakukan untuk mengetahui representasi pada kondisi jaringan pada saat ini melalui indeks QoS yang telah diakumulasi dan perhitungkan sebelumnya berdasar hasil nilai setiap parameter QoS. Dari hasil penelitian ini, mendapat hasil yang tidak terlalu signifikan perbedaannya dari setiap operator. Meski tidak terlalu signifikan, hasil yang didapat berupa urutan operator dari yang terbaik hingga terendah nilai Indeks QoS nya selaku nilai acuan, yaitu : Tri, kemudian disusul oleh XL, Indosat, Smartfren dan yang terakhir adalah Telkomsel. Dari hasil penelitian ini dari kelima operator/operator jaringan tersebut dapat digunakan sebagai pertimbangan bagi user dalam memilih penggunaan internet sesuai kebutuhan masing-masing.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Mandahadi Kusuma, M.Eng
Uncontrolled Keywords: Throughput, Delay, Jitter, Packet Loss, Bandwidth, QoS
Subjects: Tehnik Informatika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 13 May 2022 09:38
Last Modified: 13 May 2022 09:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50984

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum