ANALISIS CACAT PADA KEMASAN PRODUK KACANG ATOM DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PLAN- DO-CHEK-ACTION (PDCA) (Studi Kasus: PT. XYZ)

Diska Amalia Putri, NIM.: 18106060005 (2022) ANALISIS CACAT PADA KEMASAN PRODUK KACANG ATOM DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PLAN- DO-CHEK-ACTION (PDCA) (Studi Kasus: PT. XYZ). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS CACAT PADA KEMASAN PRODUK KACANG ATOM DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PLAN- DO-CHEK-ACTION (PDCA) (Studi Kasus: PT. XYZ))
18106060005_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS CACAT PADA KEMASAN PRODUK KACANG ATOM DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PLAN- DO-CHEK-ACTION (PDCA) (Studi Kasus: PT. XYZ))
18106060005_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

PT.XYZ merupakan perusahaan yang memproduksi makanan ringan. Salah satu makanan ringan yang diproduksi adalah produk kacang atom. Pada proses produksi kacang atom, permasalahan terjadi pada proses pengemasan, yaitu terdapat jumlah persentase cacat kemasan sebesar 0,19% pada periode November 2021 sedangkan standar cacat kemasan yang ditetapkan oleh perusahaan sebesar 0,16% yang artinya persentase cacat pada periode tersebut melebihi dari batas toleransi yang ditetapkan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi penyebab kecacatan dan meminimalkan jumlah cacat yang terjadi pada proses pengemasan produk kacang atom dengan menggunakan model Plan-Do-Check-Action (PDCA) dan bantuan alat dasar pengendalian kualitas yang terdiri dari lembar periksa, histogram, peta kendali, diagram pareto, diagram sebab akibat, Failure Mode and Effect Analysis (FMEA), 5W dan 1H. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan jenis cacat yang dominan terjadi pada kemasan produk kacang atom berdasarkan analisis menggunakan diagram pareto adalah cacat melipat, seal kurang kuat, dan berlubang. Faktor penyebab terjadinya cacat pada kemasan produk kacang atom berdasarkan diagram sebab akibat melalui analisis FMEA dapat diketahui penyebab kecacatan yang paling berpengaruh dengan nilai RPN tertinggi untuk dilakukan fokus perbaikan, yaitu terjadi pada faktor mesin, metode dan manusia. Kemudian, untuk meminimalisasi penyebab terjadinya kecacatan pada kemasan produk kacang atom, terdapat usulan perbaikan yang telah diimplementasikan oleh perusahaan, yaitu memberikan acuan standarisasi pengaturan corong pada mesin packing dengan menggunakan paint marker dan memberikan checklist mengenai jadwal pembersihan seal yang dilakukan setiap pergantian roll kemasan. Hasil pengolahan data pada penelitian ini menunjukan bahwa permasalahan yang terjadi pada proses pengemasan produk kacang atom dapat diminimalisasi. Selain itu jumlah persentase cacat kemasan produk kacang atom pada periode Januari 2022 mengalami penurunan sebesar 0,14%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Arya Wirabhuana, S.T., M.Sc
Uncontrolled Keywords: Pengendalian Kualitas, PDCA, Lembar periksa, Histogram, Peta kendali, Diagram pareto, Diagram sebab akibat, FMEA.
Subjects: Tehnik Industri
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 12 May 2022 14:24
Last Modified: 12 May 2022 14:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50997

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum