TRADISI LONDO IHA (KAWIN LARI) TINJAUAN TEORI SAD AZ- DZARI’AH DAN BUDAYA DOMPU (STUDI KASUS DI KELURAHAN KANDAI DUA KECAMATAN WOJA KABUPATEN DOMPU)

Muhammad iqbal, NIM.: 16360036 (2022) TRADISI LONDO IHA (KAWIN LARI) TINJAUAN TEORI SAD AZ- DZARI’AH DAN BUDAYA DOMPU (STUDI KASUS DI KELURAHAN KANDAI DUA KECAMATAN WOJA KABUPATEN DOMPU). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TRADISI LONDO IHA (KAWIN LARI) TINJAUAN TEORI SAD AŻ- DŻARĪ’AH DAN BUDAYA DOMPU (STUDI KASUS DI KELURAHAN KANDAI DUA KECAMATAN WOJA KABUPATEN DOMPU))
16360036_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (TRADISI LONDO IHA (KAWIN LARI) TINJAUAN TEORI SAD AŻ- DŻARĪ’AH DAN BUDAYA DOMPU (STUDI KASUS DI KELURAHAN KANDAI DUA KECAMATAN WOJA KABUPATEN DOMPU))
16360036_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian Yang Berjudul “Tradisi Londo Iha (Kawin Lari) Tinjauan Teori Sad Aż-Dżarī’ah Dan Budaya Dompu (Studi Kasus Di Kelurahan Kandai Dua Kecematan Woja Kabupaten Dompu) dilatar belakangi oleh keresahan penulis dalam memahami londo iha yang pada awalanya merupakan perbuatan yang dianjurkan dengan alasan kemaslahatan dengan dalil bahwa dalam factor adat istiadat yang berkembang sampai sekarang pelaku londo iha wajib melibatkan lembaga adat dan masyaraka dalam bentuk musyawarah dan faktor historis londo iha ini dianjurkan karna sebagai langkah antisipasi dari tindakan kawin paksa yang dilakukan oleh tentara jepang dan kasus londo iha yang terjadi dikalangan masyarakat Dompu khususnya Kelurahan Kandai dua hari ini sudah melenceng dari faktor sejarah dan ketentuan adat. Adapun rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini ialah yang apa faktor yang melatar belakangi tejadinya pernikahan karna londo iha (kawin lari) dan yang kedua Bagaimana status hukum perkawinan karna londo iha dalam prespektif teori Sad Aż-Dżarī’ah. Dalam penelitian ini penyusun fokus membahas status hukum perkawinan karna londo iha dalam prespektif teori Sad Aż-Dżarī’ah dan analisis Sad Aż- Dżarī’ah terhadap tingkah laku londo iha. teori Pada penelitian ini penyusun menggunakan kerangka teori Sad Aż-Dżarī’ah. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research). Data primer, penyusun mengambil dari wawancara dengan teknik purposive sampling dari tokoh adat,masyarakat dan pelaku londo iha. Penelitian ini bersifat deskriptif yaitu penelitian yang menggambarkan dan menjelaskan tentang faktor-faktor yang melatar belakangi terjadinya pernikahan karna londo iha. Berdasarkan hasil penelitian yang ditemukan oleh penulis faktor yang melatar belakangi terjadinya pernikahan karna londo iha (kawin lari) antara lain ialah tidak medapat restu dari orang tua, mahar yang terlalu tinggi, pengaruh lingkungan dan pergaulan bebas, pengaruh media sosial serta kurangnya perhatian orang tua terhadap anak dan juga dalam kasus londo iha, merupakan perbuatan yang melanggar ketentuan dalam adat yang semula dibolehkan akan tetapi yang terjadi hari ini kebiasan londo iha ini justru lebih mengarah pada pebuatan yang mudharat atau haram. Sehingga termasud dalam macam-macam Sad Aż-Dżarī’ah dikarnakan melaukan tindakan yang melanggar ketentuan dalam hukum adat dan perkawinan islam dengan melakukan pernikahan tampa izin orang tua dan hamil diluar nikah sehinga dapat disimpulkan pernikahan yang terjadi akibat londo iha hari ini tidak sah berdasarkan tinjauan teori Sad Aż-Dżarī’ah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs.ABD.Halim,M.Hum
Uncontrolled Keywords: Londo Iha, Kawin Lari, Sad Az-Dzari’ah
Subjects: Budaya dan Agama
Islam dan Tradisi
Hukum Islam > Fiqih > Pernikahan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Perbandingan Madzab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 12 May 2022 09:41
Last Modified: 12 May 2022 09:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51006

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum