KONSEP PEMIMPIN IDEAL PADA GERAKAN MAHASISWA KEAGAMAAN (Studi Kasus Himpunan Mahasiswa Islam Majelis Penyelamat Organisasi Cabang Yogyakarta Dan Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia Cabang Yogyakarta)

Akbar Buntoro, NIM.: 17105020019 (2022) KONSEP PEMIMPIN IDEAL PADA GERAKAN MAHASISWA KEAGAMAAN (Studi Kasus Himpunan Mahasiswa Islam Majelis Penyelamat Organisasi Cabang Yogyakarta Dan Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia Cabang Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSEP PEMIMPIN IDEAL PADA GERAKAN MAHASISWA KEAGAMAAN (Studi Kasus Himpunan Mahasiswa Islam Majelis Penyelamat Organisasi Cabang Yogyakarta Dan Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia Cabang Yogyakarta))
17105020019_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (KONSEP PEMIMPIN IDEAL PADA GERAKAN MAHASISWA KEAGAMAAN (Studi Kasus Himpunan Mahasiswa Islam Majelis Penyelamat Organisasi Cabang Yogyakarta Dan Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia Cabang Yogyakarta))
17105020019_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pasca terjadinya reformasi pada Tahun 1998 yang menjadi titik akhir dari kekuasaan dari rezim otoritarian orde baru dibawah pimpinan soeharto, angin segar demokrasi pun sangat cepat bisa dirasakan oleh seluruh masyarakat Indonesia. Reformasi yang sebenarnya menjadi klimaks seluruh gerakan mahasiswa saat itu, terbukti sangat efektif dan cukup baik sebagai alat komunikasi dan konsolidasi setiap kelompok maupun pribadi mahasiswa yang merasa buruknya pemerintahan orde baru. Setelah terjadinya reformasi tersebut, slogan-slogan seperti “Agent of Change” ataupun “Agent of Social Control” sangat lekat pada gerakan-gerakan mahasiswa atau bahkan pada setiap mahasiswa, karena dengan bekal pengetahuan yang berbeda dengan masyarakat pada umumnya, Mahasiswa diharapkan oleh khalayak ramai dalam masyarakat bisa menjadi satu kelompok yang bisa membawa perubahan baik dalam lingkup regional, lokal, nasional, atau bahkan internasional. Hal tersebut yang kiranya menjadi fokus utama penulis untuk bisa menggarap satu isu khusus yang ingin mencari titik terang, bagaimanakah pergerakan-pergerakan mahasiswa keagamaan khususnya HMI MPO Cabang Yogyakarta dan GMKI Cabang Yogyakarta menjawab tantangan zaman pasca reformasi untuk bisa menghasilkan pemimpin-pemimpin yang berasal dari rahim perkaderan masing-masing organisasi tersebut. Pemilihan dua organisasi tersebut penulis rasa cukup bisa merepresentasikan dua organisasi mahasiswa kegamaan yang ada di Indonesia, khususnya di Yogyakarta. Dalam penelitian ini, Peneliti menggunakan teori kepribadian yang ditulis oleh Koentjaraningrat yang dalam teorinya tersebut terdapat tiga prasyarat yang dikemukakan olehnya untuk bisa melihat bagaimana latar belakang yang diwakili oleh pengetahuan, gagasan, dan juga konsep-konsep yang ada dalam organisasi tersebut, tidak tertinggal juga Sistem sosial yang berarti penggalian efek interaksi kader dua organisasi tersebut terhadap masyarakat sekitarnya. Penulis menemui fakta dalam dua organisasi mahasiswa keagamaan tersebut memang memiliki tujuan untuk bisa menciptakan kader-kader yang nantinya bisa menjadi pemimpin masa depan Indonesia, hal tersebut bisa dilihat secara langsung dari bagaimana sistem perkaderan yang ada pada dua organisasi tersebut sangat erat kaitannya untuk bisa mengintegrasikan antara kader-kader yang notabene mahasiswa untuk bisa sangat erat dengan problematika kemasyarakatan. Selain daripada itu, melalui analisis yang dilakukan penulis menggunakan teori yang penulis sebutkan diatas, cukup bisa menjadi dasar bahwasanya dua organisasi tersbeut memiliki kader-kader yang bisa menjawab tantangan zaman kedepannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Derry Ahmad Rizal, M.A
Uncontrolled Keywords: organisasi mahasiswa; pemimpin Ideal; HMI MPO; GMKI
Subjects: Organisasi
Studi Agama Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Studi Agama Agama (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 12 May 2022 10:15
Last Modified: 12 May 2022 10:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51018

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum