PRAKTIK PEMBAYARAN SETENGAH DARI NAZAR PERSPEKTIF MASLAHAH MURSALAH DAN PERJANJIAN KERJA (STUDI KASUS DI KAMPUNG SINDANGJAYA SUBANG)

Sri Wulan Fitriyani, NIM.: 17103060010 (2022) PRAKTIK PEMBAYARAN SETENGAH DARI NAZAR PERSPEKTIF MASLAHAH MURSALAH DAN PERJANJIAN KERJA (STUDI KASUS DI KAMPUNG SINDANGJAYA SUBANG). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PRAKTIK PEMBAYARAN SETENGAH DARI NAZAR PERSPEKTIF MAS{LAH{AH MURSALAH DAN PERJANJIAN KERJA (STUDI KASUS DI KAMPUNG SINDANGJAYA SUBANG))
17103060010_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PRAKTIK PEMBAYARAN SETENGAH DARI NAZAR PERSPEKTIF MAS{LAH{AH MURSALAH DAN PERJANJIAN KERJA (STUDI KASUS DI KAMPUNG SINDANGJAYA SUBANG))
17103060010_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Problematika yang sering kali muncul di masyarakat adalah pengucapan nazar secara sembarangan, di Kampung Sindangjaya terdapat sebuah persoalan yang berkaitan dengan nazar. Ini terjadi kepada Anam yang sedang merasakan kesulitan untuk membayar para petani yang bekerja di Perusahaan Padi Anam. Dikarenakan Perusahaan tersebut mengalami gagal panen, yang mengakibatkan kerugian yang sangat besar sehingga tidak mampu membayar penuh para pekerja petani. Sehingga Anam mengucapkan nazar “jika panen berikutnya berhasil saya akan membayar para pekerja saya tiga kali lipat dari gaji sebelumnya”. Ucapan tersebut disaksikan dan didengarkan oleh semua para pekerja petani yang bekerja di Perusahaan Padi tersebut. Namun, ketika pembagian gaji tersebut Anam tidak memberikan gaji sesuai dengan nazarnya yaitu hanya dibayar dua kali lipat saja. Pokok permasalahan yang peneliti ambil adalah: bagaimana praktik pembayaran setengah dari nazar yang ada di Kampung Sindangjaya Subang dan bagaimana perspektif mas{lah{ah mursalah dan perjanjian kerja mengenai praktik pembayaran setengah dari nazar yang ada di Kampung Sindangjaya Subang. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang merupakan salah satu metode pengumpulan data dalam penelitian kualitatif. Penelitian ini bersifat deskriptif analisis, sementara teori yang digunakan adalah teori mas{lah{ah mursalah, dan perjanjian kerja. Sumber data penelitian ini terdiri dari data primer dan sekunder. Data primer terdiri dari penjelasan langsung dari pihak-pihak terkait dalam prakrik pembayaran setengah dari nazar. Pihak tersebut terdiri dari: Anam, pegawai perusahaan dan para pekerja petani. Data sekunder terdiri dari pengamatan secara langsung di lapangan ataupun dokumentasi yang peneliti dapatkan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa praktik pembayaran setengah dari nazar yang dilakukan oleh Anam itu disebabkan karena kurangnnya pemahaman tentang nazar, akhirnya pada saat pembagian gaji, dan panennya berhasil Anam menunaikan nazarnya. akan tetapi itu hanya dibayarkan setengahnya saja. Padahal seperti yang kita ketahui bahwa sebuah nazar harus di tunaikan sebagaimana ia bernazar. Hingga akhirnya perbuatan Anam berdampak buruk dan nama baik Anam bisa jelek. Sedangkan berdasarkan analisis mas{lah{ah mursalah , bahwasanya praktik nazar ini masih berkaitan dengan mas{lah{ah mursalah , namun praktik pembayaran setengah dari nazar ini bukan sebuah kontrak sehingga ini bukan termasuk ke dalam perjanjian kerja, akan tetapi perbuatan Anam bisa dituntun karena tidak sesuai dengan pasal 1601 huruf a KUH Perdata.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Shohibul Adhkar, M.H.
Uncontrolled Keywords: Nazar, Maslahah mursalah , Perjanjian Kerja
Subjects: Perbandingan Madzhab
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Perbandingan Madzab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 12 May 2022 11:23
Last Modified: 12 May 2022 11:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51020

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum