PROBLEMATIKA STATUS HUKUM ANTARA SHALAT DZUHUR DAN SHALAT JUMAT PADA HARI RAYA (STUDI KOMPARATIF FATWA DEWAN HISBAH PERSATUAN ISLAM DAN DAR AL-IFTA AL-MISRIYYAH )

Muhammad Yahya.S, NIM.: 17103060037 (2022) PROBLEMATIKA STATUS HUKUM ANTARA SHALAT DZUHUR DAN SHALAT JUMAT PADA HARI RAYA (STUDI KOMPARATIF FATWA DEWAN HISBAH PERSATUAN ISLAM DAN DAR AL-IFTA AL-MISRIYYAH ). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PROBLEMATIKA STATUS HUKUM ANTARA SHALAT DZUHUR DAN SHALAT JUMAT PADA HARI RAYA (STUDI KOMPARATIF FATWA DEWAN HISBAH PERSATUAN ISLAM DAN DA>R AL-IFTA> AL-MIS}RIYYAH ))
17103060037_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PROBLEMATIKA STATUS HUKUM ANTARA SHALAT DZUHUR DAN SHALAT JUMAT PADA HARI RAYA (STUDI KOMPARATIF FATWA DEWAN HISBAH PERSATUAN ISLAM DAN DA>R AL-IFTA> AL-MIS}RIYYAH ))
17103060037_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Hari besar dalam agama Islam, baik hari raya Idul Fitri maupun Idul Adha, yang jatuh pada hari Jumat menyisakan perdebatan dikalangan umat Islam. Perdebatan tersebut dipicu oleh beragam pendapat tentang apakah pelaksanaan shalat hari raya yang dilakukan di pagi hari dapat menggugurkan kewajiban shalat Dzuhur atau shalat Jumat di siang harinya. Perbedaan pendapat ini memantik kalangan umat Islam untuk menanyakan hal tersebut kepada lembaga fatwa yang dipandang memiliki otoritas keagamaan dalam memberikan keputusan hukum. Penelitian ini mengkaji putusan fatwa Dewan Hisbah Persatuan Islam dan Da>r al-Ifta> al-Mis}riyyah mengenai keberadaan shalat hari raya, baik Idul Fitri maupun Idul Adha yang jatuh pada hari Jumat. Penelitian ini menggunakan teori sebab-sebab perbedaan pendapat (asba>b al-ikhtila>f) dalam memahami teks-teks keagamaan dan kaidah-kaidah us}u>liyyah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang didukung dengan kajian literatur. Penelitian ini bersifat deskriptif komparatif yang menggambarkan tentang perbedaan pendapat dan metode istinbat} yang digunakan oleh kedua lembaga fatwa tersebut. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa perbedaan putusan fatwa antara Dewan Hisbah Persatuan Islam dan Dar al-Ifta al-Mis}riyyah disebabkan oleh perbedaan dalam memahami teks-teks keagamaan dan kaidah-kaidah usuliyyah yang digunakan. Dewan Hisbah Persatuan Islam menggunakan pendekatan tekstual dan kaidah zahir al-lafaz. Sedangkan Dar al-Ifta al-Misriyyah menggunakan pendekatan komparatif terhadap hasil penafsiran dalam mazhab-mazhab fikih.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Hijrian Angga Prihantoro, L.L.M.,
Uncontrolled Keywords: Shalat Hari Raya, shalat Dzuhur, shalat Jumat, Dewan Hisbah Persatuan Islam, Dar al-Ifta al-Misriyyah
Subjects: Perbandingan Madzhab
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Perbandingan Madzab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 12 May 2022 13:18
Last Modified: 12 May 2022 13:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51021

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum