GERAKAN SOSIAL PEMUDA DALAM MERESPON PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS JEJARING ORGANISASI KANAL MUDA YOGYAKARTA)

Gilang Fajar Rahmadi, NIM: 17102050040 (2022) GERAKAN SOSIAL PEMUDA DALAM MERESPON PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS JEJARING ORGANISASI KANAL MUDA YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (GERAKAN SOSIAL PEMUDA DALAM MERESPON PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS JEJARING ORGANISASI KANAL MUDA YOGYAKARTA))
17102050040_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (GERAKAN SOSIAL PEMUDA DALAM MERESPON PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS JEJARING ORGANISASI KANAL MUDA YOGYAKARTA))
17102050040_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia dari awal tahun 2020 hingga sekarang, berdampak pada sektor ekonomi dan sosial di masyarakat. Sebagai wujud respon pandemi tersebut memunculkan gerakan kepedulian antar sesama masyarakat dari elemen-elemen masyarakat seperti kelompok pemuda, salah satunya Jejaring Organisasi Kanal Muda yang berada di wilayah Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gerakan sosial jejaring organisasi kanal muda Yogyakarta dalam merespon pandemi covid-19. Teori yang digunakan yaitu gerakan sosial, pemuda, dan pandemi. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini yaitu Ketua, Humas, Bendahara, perwakilan organisasi-organisasi di Kanal Muda, dan Warga sasaran target donasi Kanal Muda. Hasil dari penelitian ini, bahwasanya pada konsep gerakan sosial kanal muda terdapat aspek pengorganisasian, pertimbangan, dan daya tahan. Pada faktor-faktor penentu keberhasilan gerakan sosial kanal muda terdapat faktor kepemimpinan, citra positif, taktik, tujuan, dan dukungan. Tahapan gerakan sosial kanal muda melalui tahap kemunculan, penggabungan dan birokratisasi. Kegiatan gerakan sosial yang dilakukan semasa pandemi yaitu pendataan kebutuhan dan target dari donasi, pengumpulan donasi seperti iuran wajib anggota, pembuatan poster open donasi, menjalin hubungan kerjasama, ekonomi kreatif, penyaluran paket donasi, dan rilis donasi. Kanal Muda melalui kegiatan yang dilakukan memberi dampak secara langsung kepada masyarakat dan organisasi anggota.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Zainudin, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Gerakan Sosial, Pandemi Covid-19, Kanal Muda
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 13 May 2022 09:17
Last Modified: 13 May 2022 09:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51045

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum