LIVING HADIS DALAM TRADISI SYUKURAN KELEMAN DI DUSUN JANTI, DESA WUNUT, KECAMATAN MOJOANYAR, KABUPATEN MOJOKERTO

Perdana Putra Pangestu, NIM.: 18105050007 (2022) LIVING HADIS DALAM TRADISI SYUKURAN KELEMAN DI DUSUN JANTI, DESA WUNUT, KECAMATAN MOJOANYAR, KABUPATEN MOJOKERTO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (LIVING HADIS DALAM TRADISI SYUKURAN KELEMAN DI DUSUN JANTI, DESA WUNUT, KECAMATAN MOJOANYAR, KABUPATEN MOJOKERTO)
18105050007_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (LIVING HADIS DALAM TRADISI SYUKURAN KELEMAN DI DUSUN JANTI, DESA WUNUT, KECAMATAN MOJOANYAR, KABUPATEN MOJOKERTO)
18105050007_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pergumulan topik antara agama dan budaya acapkali tidak menemui titik temu yang padu. Persoalan yang kerap dihadapi yakni apakah sebuah produk budaya yang memiliki corak variasi keagamaan (Islam), tetap bisa dikatakan sebagai aktivitas yang islami dan sesuai syariat ? Dalam sektor pertanian sendiri, terdapat isu menarik mengenai tata nilai. Tata nilai dalam masyarakat terbentuk sebagai sebuah adat dan kebiasaan, yangmana kemudian termodifikasi dengan konteks tertentu, salah satunya teks agama (hadis). Representasi inilah yang dapat ditemui pada Syukuran Keleman, sebagai produk budaya yang memiliki corak keagamaan Islam. Peneliti tertarik untuk meneliti kehadiran hadis dalam memberikan pengaruh terhadap hidupnya Syukuran Keleman, baik dalam ranah fundamental (pola pikir) maupun praksis (teknis acara). Peneliti melakukan (1) penelusuran mengenai profil & realitas kemasyarakatan di Dusun Janti, Desa Wunut, Kecamatan Mojoanyar, Kabupaten Mojokerto, (2) menemukan deskripsi serta historisitas Syukuran Keleman, (3) dan mencari korelasi antara Syukuran Keleman dan Living Hadis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan model studi lapangan terhadap Syukuran Keleman dalam Living Hadis. Objek dalam penelitian ini adalah pelaksanaan Syukuran Keleman di Dusun Janti yang menyasar pada data serta keterangan para informan, seperti petani, tokoh agama dan informan pendukung. Eksplorasi penelitian Living Hadis dilakukan dengan kajian hadis yang berdasar atas prosedur metodologis ‘ulumul hadis, kemudian dielaborasi dengan kenyataan Syukuran Keleman yang ada. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa realitas kemasyarakatan di Dusun Janti yang memahami teks agama (hadis) membentuk sebuah produk budaya berupa Syukuran Keleman. Syukuran Keleman adalah wujud syukur kepada Allah SWT dari para petani atas kelancaran aktivitas pertanian yang telah dilakukan (pasca masa tanam). Hadis bersyukur-bersedekah (HR Muslim no. 5263) serta berzikir (HR Ibn Majah no. 3814) dinyatakan “hidup” dan relevan dalam keseharian masyarakat tani, khususnya saat aktivitas Syukuran Keleman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dadi Nurhaedi S.Ag., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Syukuran Keleman; pertanian; living hadits
Subjects: Hadis
Islam dan Tradisi
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Hadis (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 20 May 2022 10:52
Last Modified: 02 Jun 2022 14:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51047

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum