POLA PENGASUHAN ORANG TUA TUNGGAL TERHADAP ANAK (Studi Orang Tua Tunggal Ibu di Dusun Gebrugan, Desa Kebonagung, Kecamatan Bandongan, Kabupaten Magelang)

Muhammad Choirudin, NIM 17102050075 (2022) POLA PENGASUHAN ORANG TUA TUNGGAL TERHADAP ANAK (Studi Orang Tua Tunggal Ibu di Dusun Gebrugan, Desa Kebonagung, Kecamatan Bandongan, Kabupaten Magelang). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (POLA PENGASUHAN ORANG TUA TUNGGAL TERHADAP ANAK (Studi Orang Tua Tunggal Ibu di Dusun Gebrugan, Desa Kebonagung, Kecamatan Bandongan, Kabupaten Magelang))
17102050075_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (POLA PENGASUHAN ORANG TUA TUNGGAL TERHADAP ANAK (Studi Orang Tua Tunggal Ibu di Dusun Gebrugan, Desa Kebonagung, Kecamatan Bandongan, Kabupaten Magelang))
17102050075_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Mengasuh anak adalah kewajiban bagi orang tua. Terlebih bagi orang tua tunggal yang berperan ganda sebagai Ayah sekaligus Ibu bagi anaknya. Pola pengasuhan yang diterapkan akan memberikan dampak kepada setiap anak. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan pola pengasuhan yang dilakukan oleh orang tua tunggal terhadap anaknya di Dusun Gebrugan, Desa Kebonagung, Kecamatan Bandongan, Kabupaten Magelang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan model deskriptif. Penentuan subyek menggunakan teknik non probability sampling dengan metode purposive sampling, dengan jumlah informan sebanyak enam informan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa dari keenam narasumber orang tua tunggal di Dusun Gebrugan, tipe pola pengasuhan yang paling banyak dilakukan pola asuh demokratis dan permisif. Dua narasumber menerapkan tipe pengasuhan demokratis dimana orang tua melibatkan anak dalam pengambilan keputusan, diberikan kebebasan untuk berpendapat dan terjadi komunikasi dua arah. Sementara dua narasumber menerapkan tipe pola asuh permisif yang mana anak diberikan kebebasan atau lebih memanjakan anak. Untuk dua single parent yang lain, satu narasumber menerapkan pola asuh otoriter dimana anak diberikan aturan – aturan yang ketat dan satu narasumber lain menggunakan pola asuh tidak terlibat dimana orang tua lebih mementingkan kepentingan diri sendiri sibuk untuk bekerja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Idan Ramdani, M.A
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh Anak, Orang Tua Tunggal di Dusun Gebrugan
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 13 May 2022 09:32
Last Modified: 13 May 2022 09:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51051

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum