PENGARUH KEBERADAAN WISATA RELIGI MAKAM WALIYULLAH SYEKH AHMAD MUTAMAKKIN DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI DESA KAJEN KECAMATAN MARGOYOSO KABUPATEN PATI

Muhammad Syihabul Milal Al Mannan, NIM. 17102050083 (2022) PENGARUH KEBERADAAN WISATA RELIGI MAKAM WALIYULLAH SYEKH AHMAD MUTAMAKKIN DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI DESA KAJEN KECAMATAN MARGOYOSO KABUPATEN PATI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH KEBERADAAN WISATA RELIGI MAKAM WALIYULLAH SYEKH AHMAD MUTAMAKKIN DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI DESA KAJEN KECAMATAN MARGOYOSO KABUPATEN PATI)
17102050083_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH KEBERADAAN WISATA RELIGI MAKAM WALIYULLAH SYEKH AHMAD MUTAMAKKIN DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI DESA KAJEN KECAMATAN MARGOYOSO KABUPATEN PATI)
17102050083_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Pengaruh Keberadaan Wisata Religi Makam Waliyullah Syekh Ahmad Mutamakkin dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat di Desa Kajen Kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati, sebagai bentuk judul dalam penelitian ini. Kondisi wisata religi makam waliyullah Syekh Ahmad Mutamakkin tidak jauh dengan wisata religi makam para walisanga di tanah Jawa, yang mana bentuk keramainnya, animo peziarah, dan masyarakatnya dalam memenuhi kebutuhan spiritualnya serta sosial ekonominya. Hal tersebut dipengaruhi selain adanya ketokohan Syekh Ahmad Mutamakkin sebagai ulama’ besar sekaligus Waliyullah, dan mecetak generasi penerus beliau yang dapat dijumpai sampai sekarang. Eksistensinya telah menjadi daya tarik tersendiri terutama dalam upaya merubah kondisi sosial ekonomi masyarakat di Desa Kajen dan sekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keberadaan wisata religi makam Waliyullah Syekh Ahmad Mutamakkin dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Desa Kajen dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Desa Kajen. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan metode penelitian deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan datanya dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini menggunakan teori James Midgley yakni teori kesejahteraan tentang memenej masalah sosial, dapat memenuhi kebutuhan, dan memanfaatkan peluang sosial. Selain itu, triangulasi sebagai alat untuk menganalisis penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa makam Syekh Ahmad Mutamakkin menjadi pengaruh besar dalam perwujudan upaya peningkatkan kesejahteraan baik dibidang ekonomi, sosial, dan spiritual masyarakat di Desa Kajen. Dimana indikator kesejahteraan antara lain, masyarakat di Desa Kajen dapat mengatur masalahnya dengan baik, masyarakat dapat memanfaatkan peluang sosial dengan maksimal, dan dapat memenuhi kebutuhannya meliputi individu, keluarga, maupun masyarakat. Adapun faktor-faktor pendukungnya antara lain, maraknya peziarah, tempat yang strategis mendirikan lapangan pekerjaan, adanya kebijakan makam dan yayasan, serta sarana beribadah. Selain itu, sebagai faktor penghambatnya yaitu, tingginya sewa lahan, tidak diberikannya kesempatan untuk ikut serta dalam pengelolaan obyek wisata religi makam Waliyullah Syekh Ahmad Mutamakkin

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Zainudin, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Wisata Religi, Kesejahteraan Masyarakat
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 13 May 2022 13:27
Last Modified: 13 May 2022 13:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51054

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum