KONSTRUKSI PERAN PEREMPUAN DALAM MEMBANGUN KESETARAAN GENDER PADA MEDIA ISLAM (Analisis Framing William A. Gamson pada majalah Suara Muhammadiyah Edisi Juli 2021 dan Majalah Tebuireng Edisi Oktober 2020)

Tsani Najiah, NIM: 18102010005 (2022) KONSTRUKSI PERAN PEREMPUAN DALAM MEMBANGUN KESETARAAN GENDER PADA MEDIA ISLAM (Analisis Framing William A. Gamson pada majalah Suara Muhammadiyah Edisi Juli 2021 dan Majalah Tebuireng Edisi Oktober 2020). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSTRUKSI PERAN PEREMPUAN DALAM MEMBANGUN KESETARAAN GENDER PADA MEDIA ISLAM (Analisis Framing William A. Gamson pada majalah Suara Muhammadiyah Edisi Juli 2021 dan Majalah Tebuireng Edisi Oktober 2020))
18102010005_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KONSTRUKSI PERAN PEREMPUAN DALAM MEMBANGUN KESETARAAN GENDER PADA MEDIA ISLAM (Analisis Framing William A. Gamson pada majalah Suara Muhammadiyah Edisi Juli 2021 dan Majalah Tebuireng Edisi Oktober 2020))
18102010005_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Perempuan dengan segala problematikanya, mengalami nasib pasang surut. Ada masanya perempuan berada di titik terendah, ada pula masa ketika ia diapresiasi dengan indah. Ketika Islam datang, Islam mengangkat derajat dan kehormatan perempuan, namun tidak menutup kemungkinan setelah Islam berkembangpun masih tersebar luas kekerasan atau diskriminasi terhadap perempuan yang dilabeli klaim-klaim agama. Maka perlu ada penafsiran ulang terhadap tafsir-tafsir agama yang dipahami secara saklek. Media Islam sebagai salah satu sarana untuk menyampaikan dakwah sudah pasti mempunyai konstruksi tersendiri untuk menjabarkan ajaran Islam yang ramah terhadap kesetaraan dan keadilan gender. Suara Muhammadiyah dan Tebuireng sebagai dua media dari dua ormas Islam terbesar di Indonesia mempunyai isu dan konstruksi yang menarik, yang memberikan representasi bahwa perempuan bisa berdaya dan berkarya, perempuan bisa membangun kesetaraan gender dengan potensi yang dimilikinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui frame konstruksi peran perempuan yang diangkat media Suara Muhammadiyah dan Tebuireng dalam membangun kesetaraan gender. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskripstif dengan metode analisis framing William A. Gamson dan Modigliani dengan menganalisis package yang diangkat kedua media itu dengan melihat core frame, framing device dan reasoning device. Subjek penelitian berupa artikel yang dimuat pada majalah Suara Muhammadiyah Edisi ke 14 Bulan juli 2021 dan majalah Tebuireng Edisi ke 70 Bulan Oktober 2020. Peneliti menganalisis masing-masing dari majalah media Islam ini sebanyak tujuh artikel terkait dengan perempuan, ulama perempuan dan isu kesetaraan gender dalam pandangan Islam. Media Suara Muhammadiyah lebih banyak mengangkat tokoh-tokoh perempuan berpengaruh, dan menekankan bahwa untuk menjadi perempuan berkemajuan dan membangun kesetaraan gender itu perempuan harus mempunyai ruang yang sama seperti laki-laki. Adapun media Tebuireng lebih menjawab dan membantah tuduhan-tuduhan terhadap Islam yang menganggap Islam itu agama yang meminggirkan perempuan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hamdan Daulay, M.A., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kesetaraan Gender, Media Massa Islam, Konstruksi perempuan dan media, Analisis Framing
Subjects: Komunikasi Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 13 May 2022 13:49
Last Modified: 13 May 2022 13:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51063

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum