KONSTRUKSI PERAN PEREMPUAN PADA PEMERINTAHAN TALIBAN DI AFGHANISTAN (Analisis Framing pada Media Cetak Kompas dan Republika tahun 2021)

Alda Febrinela, NIM. 18102010009 (2022) KONSTRUKSI PERAN PEREMPUAN PADA PEMERINTAHAN TALIBAN DI AFGHANISTAN (Analisis Framing pada Media Cetak Kompas dan Republika tahun 2021). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSTRUKSI PERAN PEREMPUAN PADA PEMERINTAHAN TALIBAN DI AFGHANISTAN (Analisis Framing pada Media Cetak Kompas dan Republika tahun 2021))
18102010009_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KONSTRUKSI PERAN PEREMPUAN PADA PEMERINTAHAN TALIBAN DI AFGHANISTAN (Analisis Framing pada Media Cetak Kompas dan Republika tahun 2021))
18102010009_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Pemerintah Taliban kembali menguasai Afghanistan setelah 20 tahun tersingkir. Peralihan kekuasaan ini menjadi sorotan dunia melalui media massa. Sikap skeptis di tunjukkan berbagai Negara dengan melihat sejarah pemerintahan Taliban yang kelam pada tahun 1996-2001. Ada banyak hal yang dicemaskan dunia terhadap aksi Taliban salah satu diantaranya adalah terancamnya kebebasan dan hak perempuan di Afghanistan. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif dan memakai analisis framing model Zhongdang dan Kosicki. Objek kajiannya adalah Berita terkait Perempuan di Afghanistan setelah Taliban berkuasa, dan subjek kajiannya adalah teks berita dengan jumlah 22 berita, yakni 12 berita dari media Harian Kompas dan 10 berita dari media Harian Republika edisi Agustus-November 2021. Diambil kesimpulan bahwa Kompas sebagai media yang memiliki ideologi Nasionalis memberi Framing humanis dengan pendekatan rasa nasionalisme yang tinggi. Kompas menonjolkan peran perempuan masa kini yang setara dengan laki-laki. Selain itu kompas juga membingkai Indonesia sebagai negara mayorita Muslim terbesar di dunia yang pantas menjadi percontohan sebagai negara damai dan memiliki toleransi yang tinggi. Sedangkan Republika sebagai media yang memiliki ideologi Islam membingkai hal tersebut dengan perspektif Hak Asasi Manusia yang harus di perjuangkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Seiren Ikhtiara, M.A.
Uncontrolled Keywords: framing, Taliban, Peran Perempuan
Subjects: Komunikasi Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 13 May 2022 13:56
Last Modified: 13 May 2022 13:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51064

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum