PENGEMBANGAN MEDIA BIMBINGAN PRANIKAH BERBASIS VIDEO BAGI CALON PENGANTIN UNTUK MENINGKATKAN WAWASAN TERKAIT KELUARGA SAKINAH DI KUA BAMBANGLIPURO BANTUL

Diah Ayu Wandira, NIM 18102020014 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA BIMBINGAN PRANIKAH BERBASIS VIDEO BAGI CALON PENGANTIN UNTUK MENINGKATKAN WAWASAN TERKAIT KELUARGA SAKINAH DI KUA BAMBANGLIPURO BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA BIMBINGAN PRANIKAH BERBASIS VIDEO BAGI CALON PENGANTIN UNTUK MENINGKATKAN WAWASAN TERKAIT KELUARGA SAKINAH DI KUA BAMBANGLIPURO BANTUL)
18102020014_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA BIMBINGAN PRANIKAH BERBASIS VIDEO BAGI CALON PENGANTIN UNTUK MENINGKATKAN WAWASAN TERKAIT KELUARGA SAKINAH DI KUA BAMBANGLIPURO BANTUL)
18102020014_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian dan pengembangan media bimbingan pranikah berbasis video ini dilatarbelakangi oleh adanya kebutuhan media sebagai layanan bimbingan pra nikah di KUA. Di mana layanan yang ada masih belum optimal dan belum didukung oleh media-media yang dapat digunakan secara fleksibel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media bimbingan pranikah berbasis video bagi calon pengantin untuk meningkatkan wawasan keluarga Sakinah Di KUA Bambanglipuro Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development dengan model pengembangan ADDIE. Model ADDIE dalam penelitian pengembangan dilakukan dengan mengikuti beberapa langkah-langkah yang sistematik dimulai dari tahap Analysis, Design, Development, Implementation Sampai pada tahap Evaluation. Namun, penelitian ini dilakukan hanya sampai pada tahapan implementasi (Implementation). Hasil dari penelitian dan pengembangan ini adalah video bimbingan pra nikah yang dibuat dengan bantuan software Inkscape, Software Sparkol Videoscribe, Software Audacity, dan Software Wondershare Filmora9. Adapun validasi dan penilaian produk dilakukan oleh berbagai ahli seperti ahli media, ahli materi, dan ahli praktisi bimbingan pra nikah serta diujicobakan kepada calon pengantin. Dari hasil penilaian video bimbingan pranikah oleh para ahli, video bimbingan ini dinyatakan memiliki kualitas produk yang layak digunakan dengan persentase ahli media 78,67%, ahli materi 83,3%, dan ahli praktisi sebesar 97,89%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan kualitas media bimbingan pranikah berbasis video ini adalah sebesar 82,62% atau masuk ke dalam kualifikasi sangat baik. Adapun peningkatan wawasan terkait keluarga Sakinah calon pengantin dapat dilihat dari grafik peningkatan wawasan yang didapatkan dari nilai rata-rata pretest dan posttest.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sudharno Dwi Yuwono, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Media Bimbingan Pranikah Berbasis Video, Wawasan Terkait Keluarga Sakinah,
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 13 May 2022 14:10
Last Modified: 13 May 2022 14:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51066

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum