PENERAPAN E-COURT BERDASARKAN PERATURAN MAHKAMAH AGUNG NOMOR 01 TAHUN 2019 TENTANG ADMINISTRASI PERKARA DAN PERSIDANGAN DI PENGADILAN SECARA ELEKTRONIK PERSPEKTIF MASLAHAH MURSALAH

Fatkhurrohmah, NIM.: 18103070026 (2022) PENERAPAN E-COURT BERDASARKAN PERATURAN MAHKAMAH AGUNG NOMOR 01 TAHUN 2019 TENTANG ADMINISTRASI PERKARA DAN PERSIDANGAN DI PENGADILAN SECARA ELEKTRONIK PERSPEKTIF MASLAHAH MURSALAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN E-COURT BERDASARKAN PERATURAN MAHKAMAH AGUNG NOMOR 01 TAHUN 2019 TENTANG ADMINISTRASI PERKARA DAN PERSIDANGAN DI PENGADILAN SECARA ELEKTRONIK PERSPEKTIF MASLAHAH MURSALAH)
18103070026_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN E-COURT BERDASARKAN PERATURAN MAHKAMAH AGUNG NOMOR 01 TAHUN 2019 TENTANG ADMINISTRASI PERKARA DAN PERSIDANGAN DI PENGADILAN SECARA ELEKTRONIK PERSPEKTIF MASLAHAH MURSALAH)
18103070026_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Praktek peradilan yang modern dengan mengedepankan asas constante justittie atau asas sederhana, cepat, dan biaya ringan merupakan cita-cita masyarakat Indonesia khususnya para pencari keadilan yang kemudian diwujudkan oleh Mahkamah Agung dengan dikeluarkannya Peraturan Mahkamah Agung Nomor 1 Tahun 2019 tentang Adminisrasi Perkara dan Persidangan di Pengadilan Secara Elektronik yang menjadi landasan hukum diluncurkannya aplikasi e-Court atau layanan peradilan elektronik. Walaupun dalam pelaksanaannya sudah berjalan baik namun sampai sekarang fitur yang ditawarkan pada layanan tersebut belum sepenuhnya bisa digunakan secara elektronik. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Penerapan E-Court Berdasarkan Peraturan Mahkamah Agung Nomor 1 Tahun 2019 tentang Administrasi Perkara dan Persidangan di Pengadilan Secara Elektronik dan bagaimana tinjauan maslahah mursalah terhadap penerapan e-Court di Pengadilan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pustaka (library research) yang menekankan perolehan datanya dengan cara menelaah berbagai literatur seperti skripsi, buku, majalah, catatan dokumen, makalah, atau referensi lain dari penelitian sebelumnya. Sifat penelitian ini adalah deskriptif-analitik. Sementara pendekatan yang digunakan adalah pendekatan normatif-yuridis, yaitu pendekatan yang dilakukan dengan cara menelaah konsep, asas-asas hukum, teori, serta peraturan perundang-undangan yang berhubungan dengan penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses Penerapan ECourt Berdasarkan Peraturan Mahkamah Agung Nomor 1 Tahun 2019 tentang Administrasi Perkara dan Persidangan di Pengadilan Secara Elektronik sudah berjalan dengan baik, dianalisis menggunakan Teori Efektivitas Hukum Soerjono Sokeanto dengan 5 faktor yaitu faktor hukumnya sendiri (undang-undang), faktor penegak hukum, faktor sarana atau fasilitas, faktor masyarakat dan faktor kebudayaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan e-Court berdasarkan Peraturan Mahkamah Agung Nomor 1 Tahun 2019 dinilai sudah berjalan dengan cukup baik utamanya pada proses administrasi pendaftaran, dibuktikan dengan terus meningkatnya minat pengguna pada setiap pengadilan di Indonesia untuk mendaftarkan perkaranya dan beracara secara elektronik melalui aplikasi e-Court, selain itu penerapan e-Court tebukti mampu menjalankan amanat yang tertuang dalam Pasal 2 ayat (4) Undang-undang Kekuasaan Kehakiman dan tujuan yang diinginkan dalam Peraturan Mahkamah Agung Nomor 1 Tahun 2019 yaitu praktek peradilan dilakukan dengan sederhana, cepat dan biaya ringan. Selain efektifnya penerapan e-Court di pengadilan dengan baik, kebijakan ini juga bermanfaat dan juga memudahkan masyarakat pencari keadilan sehingga sesuai dengan prinsip maslahah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Siti Jahroh, S.HI., M.SI
Uncontrolled Keywords: E-Court, Efektivitas Hukum, Maslahah Mursalah
Subjects: Hukum Tata Negara
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara (S-1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 13 May 2022 15:12
Last Modified: 13 May 2022 15:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51074

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum