TRADISI PENINGSET DAN TUKON PERSPEKTIF SOSIOLOGI HUKUM ISLAM (Studi Kasus Desa Hargotirto Kecamatan Kokap Kabupaten Kulon Progo)

Anifa Nur Faidah, S. H, NIM.: 19203012085 (2022) TRADISI PENINGSET DAN TUKON PERSPEKTIF SOSIOLOGI HUKUM ISLAM (Studi Kasus Desa Hargotirto Kecamatan Kokap Kabupaten Kulon Progo). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TRADISI PENINGSET DAN TUKON PERSPEKTIF SOSIOLOGI HUKUM ISLAM (Studi Kasus Desa Hargotirto Kecamatan Kokap Kabupaten Kulon Progo))
19203012085_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (TRADISI PENINGSET DAN TUKON PERSPEKTIF SOSIOLOGI HUKUM ISLAM (Studi Kasus Desa Hargotirto Kecamatan Kokap Kabupaten Kulon Progo))
19203012085_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Peningset dan tukon merupakan fenomena sosial yang terdapat perbedaan antara adat atau tradisi dengan agama Islam. Karena peningset dan tukon ini memiliki implikasi sosial dalam hal sah tidaknya peminangan pada masyarakat, meskipun dalam hukum Islam belum pernah ditemukan terkait syarat peningset dan tukon ini. Karena jika dilihat, peningset dan tukon bukanlah hal yang menjadi sah atau tidaknya suatu peminangan, sehingga tampak adanya persinggungan antara hukum adat dan hukum Islam. Oleh karena itu penulis tertarik untuk meneliti bagaimana tradisi peningset dan tukon tersebut ditinjau dari sosiologi hukum Islam. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan atau field research yang bersifat deskriptif analisis, dengan menggunakan pendekatan sosiologi hukum Islam, yaitu pendekatan yang menjelaskan mengenai adanya hubungan timbal balik antara perubahan sosial dengan penempatan hukum Islam. Teknik pengumpulan data penelitian ini yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tradisi peningset dan tukon dipertahankan dilakukan turun menurun oleh masyarakat desa Hargotiro, dengan alasan nguri-nguri tradisi yang diyakini di dalamnya terkandung nilai-nilai yang baik bagi masyarakat serta tradisi tersebut tidak bertentangan dengan agama, serta adanya peran agen (tokoh masyarakat) dalam pelaksaan tradisi ini. Sehingga tradisi peningset dan tukon tersebut masih eksis sampai sekarang, hal tersebut dapat dilihat dari masyarakat yang masih mengamalkan tradisi tersebut, bahkan jika ada yang tidak menngunakan tradisi tersebut maka akan mendapat peringatan dari tokoh masyarakat sekitar. Pelaksanaan tradisi ini jika ditinjau dari sosiologi hukum Islam, Pertama secara keseluruhan peningset sebagai pemberian dari pihak laki-laki terhadap perempuan jika dilihat dari segi kuantitasnya dapat dikategorikan sebagai ‘urf yang khusus. Pelaksanaan peningset dan tukon hanya dilakukan di daerah tertentu dan golongan tertentu, yang mana pada kasus yang diteliti oleh peneliti yanitu di desa Hargotirto dan hanya berlaku ketika terjadi peminangan. Jika dilihat dari segi peletakannya, peningset dan tukon ini termasuk ‘urf fi’li, karena berupa perbuatan pemberian dari pihak laki-laki terhadap pihak perempuan yang biasa dilakukan oleh masyarakat desa Hargotirto pada saat acara peminangan. Sedangkan jika dilihat dari sisi diperhitungkan atau tidak diperhitungkan sebagai landasan hukum, peningset dan tukon ini dapat dikategorikan sebagai ‘urf yang shahih, yaitu selain ’urf yang tidak bertentangan dengan dalil syara’ peningset dan tukon ini memberikan manfaat baik kepada pihak laki-laki maupun perempuan. Kedua, dalam adat peningset terdapat anggapan bahwa peminangan belum sah jika tidak menggunakan tradisi peningset, anggapan tersebut merupakan ‘urf yang fasid, karena bertentangan dengan syari’at.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Mochamad Sodik, S.Sos., M.Si,
Uncontrolled Keywords: Tradisi, Peningset dan Tukon, Sosiologi Hukum Islam
Subjects: Hukum Islam > Adat - 'Urf
Ilmu Syariah
Hukum Islam > Fiqih > Pernikahan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Magister Ilmu Syari'ah (S2)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 17 May 2022 15:06
Last Modified: 17 May 2022 15:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51083

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum