TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK PEMELIHARAAN HEWAN DENGAN SISTEM BAGI HASIL DI DESA TAMBI WATUKUMPUL PEMALANG

Fathul Aziz, NIM.: 15380076 (2022) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK PEMELIHARAAN HEWAN DENGAN SISTEM BAGI HASIL DI DESA TAMBI WATUKUMPUL PEMALANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK PEMELIHARAAN HEWAN DENGAN SISTEM BAGI HASIL DI DESA TAMBI WATUKUMPUL PEMALANG)
15380076_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK PEMELIHARAAN HEWAN DENGAN SISTEM BAGI HASIL DI DESA TAMBI WATUKUMPUL PEMALANG)
15380076_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Desa Tambi terletak di Kecamatan Watukumpul Kabupaten Pemalang yang berbatasan langsung dengan Desa Danasari Kecamatan Karangjambu Kabupaten Purbalingga, Desa Tambi juga termasuk salah satu desa yang terletak di wilayah pegunungan. Mata pencaharian penduduk sebagian besar sebagai pemelihara hewan seperti sapi dan juga kambing. Adapun para pemelihara hewan sapi di Desa Tambi mengenal adanya kerjasama bagi hasil. Dalam praktiknya, perjanjian kerjasama bagi hasil antara pemilik modal dan juga pengelola modal hanya secara lisan tanpa adanya perjanjian tertulis ketika terbentuknya akad. Jika mendapatkan keuntungan maka hasil keuntungan akan dibagi sesuai kesepakatan berdua, yakni 40% bagi pemilik modal dan 60% bagi pengelola modal. Adanya pembagian keuntungan di depan juga menimbulkan permasalahan. Dari hal tersebut maka perlu diketahui bagaimana praktik pemeliharaan hewan di Desa Tambi Watukumpul Pemalang? Kemudian bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap praktik pemeliharaan hewan dengan sistem bagi hasil di Desa Tambi Watukumpul Pemalang? Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan normative. Teori yang digunakan adalah Teori Mudarabah. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif analisis kualitatif menggunakan metode deduktif. Dalam metode pengumpulan data penyusun menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi dari berbagai pihak yang bersangkutan sebagai objek penelitian yang dilakukan. Hasil penelitian yang ditemukan dalam penelitian ini adalah pelaksanaan pemilharaan hewan dengan sistem bagi hasil ditinjau dari hukum ekonomi Islam sudah sesuai akan tetapi kurang sempurna ketika terbentuknya kerjasama tidak dituangkan dalam perjanjian tertulis dan tanpa adanya saksi. Adanya pembagian keuntungan di depan juga tidak dibenarkan karna hal tersebut akan menimbulkan unsur ghoror.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Abdul Mughits, S.Ag., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: bagi hasil, akad mudarabah, pemeliharaan hewan, Hukum Islam
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syari'ah (S-1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 18 May 2022 14:46
Last Modified: 18 May 2022 14:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51096

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum