KARAKTERISTIK DAN ARUS TRADISI PENULISAN MUSHAF AL-QUR’AN DI KUTAI KARTANEGARA (Studi Terhadap Manuskrip Al-Qur’an Koleksi Museum Mulawarman Tenggarong)

Siti Mufidatunrofiah, NIM.: 17105030011 (2022) KARAKTERISTIK DAN ARUS TRADISI PENULISAN MUSHAF AL-QUR’AN DI KUTAI KARTANEGARA (Studi Terhadap Manuskrip Al-Qur’an Koleksi Museum Mulawarman Tenggarong). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KARAKTERISTIK DAN ARUS TRADISI PENULISAN MUSHAF AL-QUR’AN DI KUTAI KARTANEGARA (Studi Terhadap Manuskrip Al-Qur’an Koleksi Museum Mulawarman Tenggarong))
17105030011_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (KARAKTERISTIK DAN ARUS TRADISI PENULISAN MUSHAF AL-QUR’AN DI KUTAI KARTANEGARA (Studi Terhadap Manuskrip Al-Qur’an Koleksi Museum Mulawarman Tenggarong))
17105030011_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (14MB) | Request a copy

Abstract

Eksistensi mushaf Al-Qur’an kuno menandakan progresivitas kegiatan pembelajaran Al-Qur’an. Sebagai konsekuensinya, muncul suatu tren penyalinan mushaf yang kemudian – seiring perkembangannya – menghasilkan salinan mushaf dengan ciri khasnya masing-masing. Di Indonesia, salah satu tinggalan manuskrip Al-Qur’an dijumpai di Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur yang saat ini tersimpan di Museum Mulawarman Tenggarong. Penelitian ini merupakan kajian terhadap sembilan manuskrip Al-Qur’an koleksi Museum Mulawarman yang bertujuan untuk mengungkap karakteristik mushaf kuno serta mencari tahu bagaimana transmisi pengetahuan dan tradisi penulisan mushaf yang terjadi dan berkembang di Kutai Kartanegara. Penelitian ini merupakan sebuah studi gabungan antara penelitian lapangan dan kepustakaan yang dijalankan menggunakan pendekatan filologis serta memakai metode deskriptif-analitik, komparasi, dan interpretasi sebagai sistem pengolahan datanya. Adapun data terkait karakteristik mushaf kuno kemudian dijadikan dasar untuk menganalisis transmisi pengetahuan dan tradisi penulisan yang ada di Kutai Kartanegara. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa manuskrip Al-Qur’an koleksi Museum Mulawarman tampil dengan beragam karakteristik penulisan, meliputi inkonsistensi rasm ‘uṡmānī, penggunaan dua mazhab qirā’āt al-Qur’ān yaitu qiraah riwayat Hafsh dan riwayat Qalun, jenis dan bentuk tanda baca yang bervariatif, terdapat beragam tanda pembagian teks Al-Qur’an, hadirnya berbagai macam bentuk ejawantah scholia, serta iluminasi mushaf bergaya floral-geometris. Dari ragam karakteristik yang ada, mushaf kuno koleksi Museum Mulawarman cenderung mencirikan gaya penulisan mushaf-mushaf dalam tradisi Bugis. Premis ini turut menjelaskan bahwa tradisi Bugis memiliki kontribusi dalam pemunculan mushaf kuno di Kutai Kartanegara, yang mana ikut berperan dalam transmisi pengetahuan sekaligus menjadi arus penulisan mushaf Al-Qur’an di Kutai Kartanegara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Prof. Dr. H. Abdul Mustaqim, S.Ag., M.Ag
Uncontrolled Keywords: Manuskrip Al-Qur’an, Tradisi Penulisan, Kutai Kartanegara
Subjects: Ilmu Alqur’an dan Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Alqur’an dan Tafsir (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 20 May 2022 13:03
Last Modified: 20 May 2022 13:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51108

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum