PERAN RUMAH SINGGAH DAN BELAJAR (RSB) DIPONEGORO DALAM MENDAMPINGI ANAK JALANAN MENGHADAPI PANDEMI COVID-19

Zaifuddin, NIM.: 19200010120 (2021) PERAN RUMAH SINGGAH DAN BELAJAR (RSB) DIPONEGORO DALAM MENDAMPINGI ANAK JALANAN MENGHADAPI PANDEMI COVID-19. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN RUMAH SINGGAH DAN BELAJAR (RSB) DIPONEGORO DALAM MENDAMPINGI ANAK JALANAN MENGHADAPI PANDEMI)
19200010120_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (14MB) | Preview
[img] Text (PERAN RUMAH SINGGAH DAN BELAJAR (RSB) DIPONEGORO DALAM MENDAMPINGI ANAK JALANAN MENGHADAPI PANDEMI)
19200010120_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Tulisan ini mengkaji peran Rumah Singgah dan Belajar (RSB) Diponegoro dalam mendampingi anak jalanan di Yogyakarta pada masa pandemi Covid-19. Intervensi pencegahan penularan wabah di lingkup anak jalanan, tidak lepas dari peran lembaga dalam memberikan pendampingan. Sementara “RSB Diponegoro” adalah lembaga sosial anak yang aktif memberikan layanan di masa Covid-19. Penelitian ini berkontribusi terhadap suatu “lembaga” dalam menyusun kerangka program pendampingan, yang merupakan peranan setiap lembaga anak. Kemudian juga menyajikan pola perumusan kegiatan, tanpa mengabaikan regulasi kebijakan Covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data melalui observasi (observation), wawancara (interview), dan dokumentasi (documentation). Lokasi penelitian dilakukan di RSB Diponegoro Yogyakarta. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran Rumah Singgah dan Belajar (RSB) Diponegoro dalam mendampingi anak di masa pandemi terbagi menjadi dua. Pertama, lembaga menjadi mediator bagi anak dampingan, yang diwujudkan dalam bentuk penyampaian informasi dan edukasi terhadap anak, orang tua, dan keluarga dampingan secara utuh terkait regulasi kebijakan Covid-19 maupun lingkungan yang sehat. Kedua, lembaga menjadi fasilitator bagi anak, yang diwujudkan dalam bentuk layanan pendampingan dan program kegiatan, baik yang sifatnya material, spiritual, dan keterampilan anak. Dua aspek ini terbentuk atas sebuah perumusan, terhadap masalah, peluang, dan tantangan Covid-19 dengan konsep pemetaan dan penyesuaian regulasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Latiful Khuluq, M.A., Ph.D.
Uncontrolled Keywords: anak jalanan; rumah singgah dan belajar; pendidikan
Subjects: Pekerjaan Sosial
Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Pekerjaan Sosial
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 30 May 2022 11:15
Last Modified: 30 May 2022 11:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51138

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum