PELAYANAN BIMBINGAN MANASIK HAJI DAN PENDAMPINGAN JEMAAH HAJI DISABILITAS OLEH KELOMPOK BIMBINGAN IBADAH HAJI DAN UMRAH (KBIHU) AR-RAUDHAH YOGYAKARTA TAHUN 2019

Puput Puji Lestari, NIM.: 17102040062 (2021) PELAYANAN BIMBINGAN MANASIK HAJI DAN PENDAMPINGAN JEMAAH HAJI DISABILITAS OLEH KELOMPOK BIMBINGAN IBADAH HAJI DAN UMRAH (KBIHU) AR-RAUDHAH YOGYAKARTA TAHUN 2019. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PELAYANAN BIMBINGAN MANASIK HAJI DAN PENDAMPINGAN JEMAAH HAJI DISABILITAS OLEH KELOMPOK BIMBINGAN IBADAH HAJI DAN UMRAH (KBIHU) AR-RAUDHAH YOGYAKARTA TAHUN 2019)
17102040062_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA1.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PELAYANAN BIMBINGAN MANASIK HAJI DAN PENDAMPINGAN JEMAAH HAJI DISABILITAS OLEH KELOMPOK BIMBINGAN IBADAH HAJI DAN UMRAH (KBIHU) AR-RAUDHAH YOGYAKARTA TAHUN 2019)
17102040062_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini berawal dari pelayanan jemaah disabilitas oleh KBIH Ar-Raudhah Yogyakarta. Pelayanan jemaah haji disabilitas terbagi menjadi tiga tahapan pelayanan haji, yaitu pelayanan pra haji, pelayanan saat pelaksanaan haji, dan pelayanan pasca haji. Pelayanan bimbingan manasik dan pendampingan sangat penting dan diperhatikan oleh KBIH Ar-Raudhah karena bertujuan untuk menjadikan jemaah sebagai haji yang mabrur serta dapat menjaga kemabruran berhajinya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori H.A.S Moenir tentang manajemen pelayanan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui manajemen pelayanan jemaah haji disabilitas oleh KBIH Ar-Raudhah Yogyakarta Tahun 2019. Metode penelitian dalam skripsi ini menggunakan metode kualitatif melalui pendekatan deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan model Miles Huberman yaitu koleksi data, reduksi data, penyajian data, pengambilan kesimpulan. Keabsahan data diuji dengan menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Pelayanan Bimbingan Manasik Dan Pendampingan Jemaah Haji Disabilitas oleh KBIHU Ar-Raudhah Yogyakarta 2019 sudah dilaksanakan dengan baik, hal ini terlihat dari terlaksananya 5 aktivitas manajemen pelayanan yaitu aktivitas menetapkan sasaran dalam rangka pencapaian tujuan organisasi, menetapkan cara yang tepat, melaksanakan pekerjaan menyelesaikan masalah, mengendalikan kegiatan pelayanan, dan mengevaluasi pelaksanaan pekerjaan. Dari kelima aktivitas tersebut telah digunakan manajemen pelayanan yang tertata dengan baik, menerapkan metode yang sesuai, adanya pelaksanaan evaluasi sebagai bahan perbaikan kegiatan, sehingga dari terpenuhinya aktivitas tersebut memberikan dampak yang baik serta menghasilkan kepuasan dari jemaah haji disabilitas atas proses pelayanan dalam kegiatan bimbingan yang diberikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Mokhammad Nazili,M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Bimbingan Manasik dan Pendampingan, Jemaah Disabilitas, KBIH Ar-Raudhah Yogyakarta
Subjects: Manajemen > Manajemen Haji
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 31 May 2022 14:07
Last Modified: 31 May 2022 14:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51152

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum