BIMBINGAN PRA NIKAH DALAM UPAYA MEMPERSIAPKAN KETAHANAN KELUARGA BAGI CALON PENGANTIN DI KANTOR URUSAN AGAMA KAPANEWON DEPOK KABUPATEN SLEMAN

Agnes Nor Febria, NIM.: 18102020026 (2022) BIMBINGAN PRA NIKAH DALAM UPAYA MEMPERSIAPKAN KETAHANAN KELUARGA BAGI CALON PENGANTIN DI KANTOR URUSAN AGAMA KAPANEWON DEPOK KABUPATEN SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (BIMBINGAN PRA NIKAH DALAM UPAYA MEMPERSIAPKAN KETAHANAN KELUARGA BAGI CALON PENGANTIN DI KANTOR URUSAN AGAMA KAPANEWON DEPOK KABUPATEN SLEMAN)
18102020026_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BIMBINGAN PRA NIKAH DALAM UPAYA MEMPERSIAPKAN KETAHANAN KELUARGA BAGI CALON PENGANTIN DI KANTOR URUSAN AGAMA KAPANEWON DEPOK KABUPATEN SLEMAN)
18102020026_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Calon pengantin yang akan melangsungkan pernikahan pasti memiliki berbagai keresahan dalam menghadapi kehidupan berumah tangga. Padahal kesiapan fisik dan mental harus disiapkan sebelum memutuskan untuk melangkah ke jenjang yang lebih serius. Calon pengantin yang memiliki keresahan dan kecemasan tersebut akan berdampak pada kehidupan pasca nikah, sehingga diperlukan bimbingan pra nikah sebagai upaya mempersiapkan ketahanan keluarga calon pengantin. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka penelitian ini berupaya mengungkap, mendiskripsikan metode dan materi bimbingan pra nikah yang diberikan oleh penyuluh bagi calon pengantin di Kantor Urusan Agama Kecamatan Depok. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan lapangan (field research). Pengumpulan datanya menggunakan wawancara, dokumentasi dan observasi. Adapun analisisnya dengan deskriptif-kualitatif, data yang telah terkumpul disusun dan diklarifikasikan sehingga dapat menjawab dari rumusan masalah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode yang digunakan adalah metode individu yaitu percakapan pribadi dan metode kelompok.yang terdiri dari diskusi kelompok, teknik sosiodrama dan psikodarma serta group teaching Juga terdapat lima materi yang berada dalam bimbingan pra nikah tersebut yaitu menyiapkan keluarga sakinah, menyiapkan generasi berkualitas, mengelola psikologis dinamika kehidupan berkeluarga dan manajemen konflik, mengelola kebutuhan keluarga, dan menjaga kesehatan reproduksi. Sedangkan subjek yang peneliti ambil adalah Pegawai KUA, Penghulu Madya, Staff BP4 DIY, Staff BKKBN Sleman, Penyuluh Kesehatan, juga dua sampel calon pengantin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Slamet, S.Ag.,M.Si.
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Pra Nikah, Ketahanan Keluarga, Calon Pengantin
Subjects: Hukum Islam > Fiqih > Pernikahan > Bimbingan Perkawinan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 31 May 2022 14:18
Last Modified: 31 May 2022 14:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51154

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum