PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KONSELING GESTALT TERINTEGRASI NILAI-NILAI ISLAM DALAM MENGATASI KEDUKAAN (GRIEF)

Butsainatuz Zahroh, NIM.: 18102020019 (2022) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KONSELING GESTALT TERINTEGRASI NILAI-NILAI ISLAM DALAM MENGATASI KEDUKAAN (GRIEF). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KONSELING GESTALT TERINTEGRASI NILAI-NILAI ISLAM DALAM MENGATASI KEDUKAAN (GRIEF))
18102020019_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KONSELING GESTALT TERINTEGRASI NILAI-NILAI ISLAM DALAM MENGATASI KEDUKAAN (GRIEF))
18102020019_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah mahasiswa terkait kurangnya referensi atau panduan dalam praktik konseling. Mengatasi permasalahan tersebut peneliti melakukan analisis kebutuhan masalah terhadap mahasiswa BKI UIN Sunan Kalijaga mengenai kebutuhan modul. Analisis kebutuhan modul mendapatkan hasil sebesar (73,4%) belum adanya panduan yang memadai dalam praktik konseling. Dengan hasil (96,9%) mahasiswa membutuhkan modul. Menghadapi permasalahan tersebut, dalam hal ini peneliti mengembangkan modul pembelajaran konseling gestalt terintegrasi nilai-nilai Islam dalam mengatasi kedukaan (grief). Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pengembangan modul pembelajaran konseling Gestalt terintegrasi nilai-nilai Islam dalam mengatasi kedukaan (grief) dan kualitas modul tersebut. Nilai-nilai Islam yang diintegrasikan dalam konseling Gestalt meliputi sabar, ikhlas, fadhilah surat Al Fatihah dalam kedukaan, fadhilah ziarah kubur, fadhilah membaca surat yasin dalam kedukaan, dan fadhilah membaca tahlil. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development) dengan menggunakan model Sugiyono, dalam hal ini pelaksanaannya hanya sampai pada revisi desain yang menghasilkan model hipotetik tanpa tahap uji coba pemakaian, revisi produk dan produksi massal. Adapun hasil penilaian pertama pengembangan modul ini meliputi tahap potensi dan masalah, pengunpulan data, desain produk, dan tahap validasi desain. Kedua hasil validasi internal menunjukkan bahwa modul ini memiliki kualtas sangat baik, dengan nilai 92,58% dengan kategori sangat baik. Dengan nilai presentase 95,55% oleh ahli materi dan nilai presentase 88,38% oleh ahli media dengan kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Sudharno Dwi Yuwono, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Modul, Konseling Gestalt, Integrasi Nilai-nilai Islam.
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 31 May 2022 15:06
Last Modified: 31 May 2022 15:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51156

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum