BIMBINGAN ROHANI ISLAM DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI HIDUP LANSIA DI BALAI PELAYANAN SOSIAL TRESNA WERDHA BUDI LUHUR YOGYAKARTA

Putri Hardiyati, NIM.: 18102020065 (2022) BIMBINGAN ROHANI ISLAM DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI HIDUP LANSIA DI BALAI PELAYANAN SOSIAL TRESNA WERDHA BUDI LUHUR YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (BIMBINGAN ROHANI ISLAM DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI HIDUP LANSIA DI BALAI PELAYANAN SOSIAL TRESNA WERDHA BUDI LUHUR YOGYAKARTA)
18102020065_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (BIMBINGAN ROHANI ISLAM DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI HIDUP LANSIA DI BALAI PELAYANAN SOSIAL TRESNA WERDHA BUDI LUHUR YOGYAKARTA)
18102020065_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya motivasi hidup para lansia yang sering mengalami penurunan. Upaya pemberian bimbingan rohani Islam terhadap lansia sangat penting dilakukan untuk mewujudkan motivasi hidup di dalam diri lansia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis bagaimana metode yang digunakan Bimbingan Rohani Islam dalam meningkatkan Motivasi Hidup Lansia di Balai Pelayanan Sosial Tresna Werdha Budi Luhur Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi, serta dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah 2 pegawai Balai, 2 pembimbing, dan 4 lansia peserta bimbingan rohani Islam. Analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, deskripsi data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bimbingan rohani Islam dalam meningkatkan motivasi hidup lansia di Balai Pelayanan Sosial Tresna Werdha Budi Luhur Yogyakarta menggunakan metode: 1) Metode langsung, meliputi ceramah, dan tanya jawab. 2) Metode tidak langsung, melalui media murottal Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Muhammad Hafiun, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Rohani Islam, Meningkatkan Motivasi Hidup, Lansia
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 02 Jun 2022 08:46
Last Modified: 02 Jun 2022 08:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51159

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum