STRATEGI BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDES) KEBONDALEM KIDUL DALAM MENDORONG TUMBUHNYA PEREKONOMIAN MASYARAKAT

Ilhamita Nuraini Rachmawati, NIM.: 18102030071 (2022) STRATEGI BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDES) KEBONDALEM KIDUL DALAM MENDORONG TUMBUHNYA PEREKONOMIAN MASYARAKAT. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDES) KEBONDALEM KIDUL DALAM MENDORONG TUMBUHNYA PEREKONOMIAN MASYARAKAT)
18102030071_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDES) KEBONDALEM KIDUL DALAM MENDORONG TUMBUHNYA PEREKONOMIAN MASYARAKAT)
18102030071_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pandemi Covid-19 telah membuat sektor usaha dan ekonomi berjatuhan. Disisi lain sektor ekonomi dan sektor usaha menjadi faktor penting dalam kehidupan masyarakat. Dampak nyata pada sektor usaha dari kecil hingga besar pun merasakannya, seperti pada lembaga desa yaitu BUMDes Kebondalem Kidul. BUMDes mempunyai peranan penting dalam memberikan kesejahteraan bagi masyarakat maupun desa. Di era gempuran Covid 19 BUMDes mengalami jatuh bangun untuk mempertahankan berbagai usaha dalam membantu ekonomi masyarakat, seperti BUMDes Kebondalem Kidul memiliki berbagai strategi dalam menumbuhkan perekonomian masyarakat. Tujuan adanya penelitian adalah untuk mengetahui terkait strategi BUMDes Kebondalem Kidul dalam menumbuhkan perekonomian masyarakat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya penentuan informan peneliti mengelompokkan berdasarkan kriteria. Adanya pengelompokkan kriteria sendiri bertujuan untuk subjek penelitian menjadi sumber informan sesuai rumusan masalah yang peneliti tulis. Analisis data sendiri menggunakan model analisis interaktif. Hasil dari Strategi BUMDes dengan macam-macam strategi yaitu kegiatan ekonomi hingga pemanfaatan lahan kosong dalam mendorong tumbuhnya perekonomian masyarakat. Strategi BUMDes Kebondalem Kidul mempunyai faktor pendukung seperti potensi dan jaringan yang luas, sedangkan untuk faktor penghambat sendiri adanya Pandemi Covid 19 dan minimnya sosialisasi terkait pentingnya BUMDes. Hasilnya sendiri ditandai dengan terdapat lowongan pekerjaan baru dan mendapatkan pendapatan baru. Disisi lain hasil strategi BUMDes juga membentuk sikap masyarakat agar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Azis Muslim, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pandemi Covid 19, Wisata Budaya, BUMDes
Subjects: Ekonomi Masyarakat
Pemberdayaan Masyarakat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 02 Jun 2022 10:27
Last Modified: 02 Jun 2022 10:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51163

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum