PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI INOVASI PERTANIAN (STUDI KASUS MASYARAKAT DI DESA MLATIHARJO, KECAMATAN GAJAH, KABUPATEN DEMAK)

Dian Safarani, NIM.: 18102030014 (2022) PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI INOVASI PERTANIAN (STUDI KASUS MASYARAKAT DI DESA MLATIHARJO, KECAMATAN GAJAH, KABUPATEN DEMAK). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI INOVASI PERTANIAN (STUDI KASUS MASYARAKAT DI DESA MLATIHARJO, KECAMATAN GAJAH, KABUPATEN DEMAK))
18102030014_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI INOVASI PERTANIAN (STUDI KASUS MASYARAKAT DI DESA MLATIHARJO, KECAMATAN GAJAH, KABUPATEN DEMAK))
18102030014_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui inovasi pertanian di Desa Mlatiharjo ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan pendapatan melalui sektor pertanian dengan cara memanfaatkan potensi yang ada di desa yaitu pemanfaatan lahan pertanian. Penelitian ini menjelaskan tentang proses pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui inovasi pertanian dan hasil pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui inovasi pertanian di Desa Mlatiharjo, Kecamatan Gajah, Kabupaten Demak. Tujuan dari penelitian yang dilakukan adalah untuk mendeskripsikan proses dan hasil pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui inovasi pertanian di Desa Mlatiharjo Kecamatan Gajah Kabupaten Demak. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, Pada proses pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi secara langsung, dan dokumentasi. Dalam analisis data menggunakan model analisis interaktif yaitu, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Inovasi pertanian yang ada di Desa Mlatiharjo merupakan adanya penemuan bibit padi jenis baru, yang ditemukan oleh Kepala Desa Mlatiharjo pada saat itu, yaitu Ir. Hery Sugiartono, dengan cara menyilangkan bibit padi dari Cina dengan bibit padi lokal, sehingga ditemukan lah bibit padi varietas baru yang mereka namai dengan nama Desa Mlatiharjo yaitu Beras Mlati. Hasil dari penelitian ini menunjukkan proses pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui inovasi pertanian di Desa Mlatiharjo. Adapun hasil dari proses pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui inovasi pertanian di Desa Mlatiharjo melalui 3 tahapan yaitu Pertama proses penyadaran, pada tahapan ini masyarakat Desa Mlatiharjo melalui tahapan melalui pendekatan pribadi dan sosialisasi,dan pertemuan rutin. Kedua proses pengkapasitasan yang mana pada proses ini melalui tahapan pemberian pelatihan. Ketiga proses pendayaan pada proses ini yang dilakukan yaitu membuat jaminan pasar,kemudian pembentukan organisasi dengan mendirikan lembaga usaha melalui Koperasi Citra Kinaraya dan mengembangkan usaha dengan mendirikan unit produksi beras. Hasil dari pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui inovasi pertanian di Desa Mlatiharjo terdapat 4 hasil dari pemberdayaan itu, yakni Pertama terciptanya kepedulian yang semakin meningkat di masyarakat dibuktikan dengan adanya pendirian SMK Pertanian di Desa Mlatiharjo dan pertemuan rutin. Kedua meningkatnya kemandirian masyarakat. Ketiga membuka lapangan pekerjaan baru yaitu ikut serta pengelola koperasi citra kinaraya, bekerja di produksi beras, menjualkan beras ke toko-toko maupun secara online, pengolahan limbah menir untuk pakan burung, pemanfaatan dedak yang di jual untuk pakan ayam. Gojek padi dari sawah ke tempat produksi. Keempat meningkatnya pendapatan masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Siti Aminah, S.Sos.I., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat,Inovasi Pertaniani, Desa Mlatiharjo.
Subjects: Pemberdayaan Masyarakat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 02 Jun 2022 10:04
Last Modified: 02 Jun 2022 10:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51165

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum