EVALUASI KINERJA RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA TAHUN 2020 (TINJAUAN BALANCED SCORECARD)

Rizky Zulfajri, NIM.: 18102040045 (2022) EVALUASI KINERJA RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA TAHUN 2020 (TINJAUAN BALANCED SCORECARD). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EVALUASI KINERJA RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA TAHUN 2020 (TINJAUAN BALANCED SCORECARD))
18102040045_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (EVALUASI KINERJA RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA TAHUN 2020 (TINJAUAN BALANCED SCORECARD))
18102040045_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Evaluasi kinerja merupakan salah satu faktor yang sangat penting bagi organisasi atau perusahaan, karena dengan diadakannya evaluasi kinerja dapat diketahui efektivitas dari penetapan suatu strategi dan penerapan serta capaiannya dalam waktu tertentu. Dengan evaluasi kinerja dapat mendeteksi kelemahan atau kekurangan yang masih terdapat didalam perusahaan untuk dilakukan perbaikan dikemudian hari. Salah satu alat yang digunakan dalam mengukur atau menilai kinerja pada suatu organisasi adalah Balanced Scorecard (BSC). BSC dikembangkan sebagai sistem pengukuran kinerja yang memungkinkan para eksekutif mamandang perusahaan dari berbagai perspektif secara stimultan. Balanced Scorecard (BSC) merupakan sebab akibat yang digunakan untuk mengetahui parameter apa yang menjadi pimpinan suatu organisasi sekaligus parameter mana yang menunjukkan kinerja yang rendah. BSC terdiri dari empat perspektif yang berbeda ; keuangan, pelanggan, proses bisnis internal, dan pembelajaran dan pertumbuhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Yogyakarta dalam tinjauan Balanced Scorecard. Peneliti menggunakan pendekatan Balanced Scorecard karena pendekatan ini mempunyai keunggulan sebagai alat pengukuran kinerja rumah sakit yang menyebabkan orientasi rumah sakit jangka panjang. BSC diakui sebagai instrument yang tangguh untuk transformasi organisasi dan sebagai kerangka evaluasi kinerja yang mengesankan, baik tingkat organisasi maupun individu. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis malalui reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Keabsahan data diuji dengan triangulasi sumber, triangulasi waktu dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bawah kinerja Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Yogyakarta dalam perspektif Balanced Scorecard ; dalam perspektif keuangan kinerja Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Yogyakarta sudah baik dengan indikator Net Profit Margin (NPM), Total Asset Turn Over (TATO), Return On Invesment (ROI) dan Return On Equity (REO). Hal ini dipengaruhi oleh baiknya kinerja dalam tiga perspektif lain yaitu proses bisnis internal, pelangan serta pembelajaran dan pertumbuhan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Dra. Hj. Mikhriani, M.M.
Uncontrolled Keywords: Balanced Scorecard, Kinerja Rumah Sakit, Net Profit Margin (NPM), Total Asset Turn Over (TATO), Return On Invesment (ROI) dan Return On Equity (REO).
Subjects: Manajemen > Manajemen Perusahaan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 02 Jun 2022 14:06
Last Modified: 02 Jun 2022 14:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51170

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum