PERAN KOPERASI SIMPAN PINJAM PEMBIAYAAN SYARIAH MINNA LANA DALAM PENGELOLAAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) KOTA PEKALONGAN

Anas Gunawan, NIM.: 18102040092 (2022) PERAN KOPERASI SIMPAN PINJAM PEMBIAYAAN SYARIAH MINNA LANA DALAM PENGELOLAAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) KOTA PEKALONGAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN KOPERASI SIMPAN PINJAM PEMBIAYAAN SYARIAH MINNA LANA DALAM PENGELOLAAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) KOTA PEKALONGAN)
18102040092_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERAN KOPERASI SIMPAN PINJAM PEMBIAYAAN SYARIAH MINNA LANA DALAM PENGELOLAAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) KOTA PEKALONGAN)
18102040092_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini berawal dari pengelolaan usaha mikro kecil dan menengah oleh KSPPS Minna Lana yang terus eksis dalam perannya walaupun terkendala dengan adanya virus Covid – 19 hal ini bisa dilihat dari data pembiayaan usaha KSPPS Minna Lana. Pengelolaan pembiaayaan bertujuan untuk mengurangi tingkat pengangguran. Teori yang digunakan ini adalah teori Kuswadi tentang pengelolan keungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran KSPPS Minna Lana dalam Pengelolan UMKM di Kota Pekalongan. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui pendekatan deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini menggunakan wawancara observasi dan dokumentasi. Analisis data mengsunakan wawancar. observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Peran KSPPS Minna Lana dalam Pengelolaan UMKM sudah dilaksanakan dengan baik, dan dikategorikan mempunyai peran yang kuat hal ini ditandai dengan bertambahnya jumlah anggota penabung pertahun yang lebih dari 1000 orang. Data lain bisa dilihat dari terlaksananya 4 tahapan pengelolaan keuangan UMKM yaitu perencanaan anggaran, pencatatan keuangan, laporan keuangan, dan pengendalian. Dari keempat pengelolaan tersebut telah digunakan pengolaan yang baik dan tertata, sehingga dari terpenuhinya pengelolaan tersebut memeberikan dampak yang baik serta menghasilkan kepuasan bagi anggota UMKM KSPPS Minna Lana Kota Pekalongan dalam pendampingan yang diberikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Mokhammad Nazili, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Peran Pengelolaan, Pengelolaan UMKM, KSPPS Minna Lana Kota Pekalongan
Subjects: Koperasi
Manajemen Keuangan Syariah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 02 Jun 2022 14:28
Last Modified: 02 Jun 2022 14:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51172

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum