KESEHATAN MENTAL DAN DUKUNGAN SOSIAL KELUARGA BAGI MAHASISWI DI MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS MAHASISWI AKHIR UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA ANGKATAN 2017-2018)

Monica Krisanti, NIM.: 18102050032 (2022) KESEHATAN MENTAL DAN DUKUNGAN SOSIAL KELUARGA BAGI MAHASISWI DI MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS MAHASISWI AKHIR UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA ANGKATAN 2017-2018). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KESEHATAN MENTAL DAN DUKUNGAN SOSIAL KELUARGA BAGI MAHASISWI DI MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS MAHASISWI AKHIR UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA ANGKATAN 2017-2018))
18102050032_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KESEHATAN MENTAL DAN DUKUNGAN SOSIAL KELUARGA BAGI MAHASISWI DI MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS MAHASISWI AKHIR UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA ANGKATAN 2017-2018))
18102050032_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Mahasiswi akhir yang sedang mengerjakan skripsi di masa pandemi covid-19 rentan mengalami gangguan kesehatan mental karena pada awal pandemi mahasiswi harus beradaptasi dengan kondisi yang penuh keterbatasan dalam mengerjakan skripsi. Oleh karena itu, dukungan dari keluarga sangat diperlukan untuk mengatasi permasalahan psikologis yang dialami mahasiswi pada masa-masa sulit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi kesehatan mental mahasiswi akhir UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Angkatan 2017-2018 di masa pandemi covid-19 dan bentuk dukungan sosial keluarga di masa pandemi covid-19 berdasarkan struktur keluarga. Temuan dari penelitian ini berkontribusi dalam memetakan kondisi mahasiswi tingkat akhir di masa pandemi dan bentuk dukungan sosial keluarga berdasarkan struktur keluarga yang menjadi Novelty pada penelitian ini. Metode yang digunakan adalah kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa mahasiswi akhir UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Angkatan 2017-2018 yang mengerjakan skripsi di masa pandemi merasakan stres, cemas, takut, dan tertekan. Kondisi kesehatan mental dideskripsikan melalui enam dimensi kesejahteraan psikologis menurut teori Ryff. Mahasiswi yang memiliki kesejahteraan psikologis baik ditandai dengan mampu memenuhi dimensi penerimaan diri, hubungan positif dengan orang lain, otonomi, penguasaan terhadap lingkungan, tujuan hidup, dan pertumbuhan pribadi. Mahasiswi yang tinggal bersama orangtua mendapatkan dukungan sosial emosional, penghargaan, instrumental, dan informasi. Mahasiswi yang tinggal bersama orangtua tunggal mendapatkan dukungan sosial emosional, instrumental, dan informasi. Mahasiswi yang tinggal dengan kedua orangtua mendapatkan dukungan lebih lengkap dibandingkan mahasiswi yang tinggal bersama orangtua tunggal. Mahasiswi yang tinggal di kos mendapatkan dukungan sosial emosional dan instrumental, sedangkan dukungan sosial penghargaan dan informasi didapatkan apabila mahasiswi mengkomunikasikan skripsinya kepada keluarga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: M. Ulil Absor, Ph.D
Uncontrolled Keywords: Kesehatan Mental, Dukungan Sosial Keluarga, Mahasiswi Akhir, Pandemi Covid-19.
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Psikologi
Covid-19
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 02 Jun 2022 14:38
Last Modified: 02 Jun 2022 14:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51175

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum